Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 06 Jul 2021 11:33 WIB

TRAVEL NEWS

Gunung Bromo dan Semeru Ditutup Selama PPKM Darurat, Ini Link Reschedule-nya

Tim detikcom
detikTravel
Sunrise Cantik Bromo
Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (Foto: M Rofiq/detikTravel)
Jakarta -

Penutupan wisata Gunung Bromo yang ada di dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) ramai dibahas di Twitter. Penutupannya sendiri sudah dari tiga hari yang lalu, saat penetapan PPKM darurat.

Penegasan penutupan juga didapat saat Kabupaten Probolinggo menerapkan PPKM Darurat. Sehingga semua tempat wisata termasuk Gunung Bromo ditutup.

"Pemberlakuan PPKM Darurat, semua wisata yang ada di Kabupaten Probolinggo ditutup total. Dan juga semua destinasi wisata yang ada di Gunung Bromo. Guna menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Probolinggo dan langkah pemerintah pusat untuk memutus penyebaran Covid-19 di seluruh Indonesia," ujar Koordinator Penegakan Hukum Satgas Covid-19 Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto saat dihubungi detikTravel, Jumat (2/7).

Dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2021, pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat darurat diterapkan di 112 kabupaten/kota di Jawa-Bali, mulai 3-20 Juli 2021.

Pengumuman penutupan obyek wisata ditandatangani langsung Plt BBTNBTS Novita Kusuma Wardani. Isi pengumuman itu menjelaskan, langkah penutupan diambil menindaklanjuti perkembangan kasus Covid-19 yang terus naik.

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru akan menutup semua obyek wisata yang masuk ke dalam wilayah taman nasional setempat. Dikonfirmasi via telepon seluler, Kepala Disporaparbud Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto mengatakan, penutupan dilakukan di seluruh obyek wisata di Kabupaten Probolinggo.

Agar berjalan lancar selama penutupan, pihaknya akan berkoordinasi dengan semua Forkopimda dan Muspika Kabupaten Probolinggo.

"Penutupan seluruh obyek wisata di Kabupaten Probolinggo mengikuti instruksi pemerintah pusat, dan apa saja yang akan dilakukan dan teknik akan berkoordinasi dengan tim Gugus Tugas Satgas Covid-19 Kabupaten Probolinggo," jelas Sugeng.

Pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru kini sudah menyediakan tautan penjadwalan ulang. Ada dua tautan, masing-masing untuk wisata ke Gunung Bromo di https://forms.gle/U26vyfTLRLdAYRn6A dan satu lagi untuk pendakian ke Gunung Semeru di https://reschedule.bromotenggersemeru.org/.



Simak Video "Perhatian! Wisata Bromo dan Gunung Semeru Masih Ditutup"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA