Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 12 Jul 2021 19:18 WIB

TRAVEL NEWS

Tak Hanya Perguruan Tinggi, Badan Otorita Bakal Jadi Sentra Vaksinasi

Kunjungan Sandiaga Uno meninjau vaksinasi di Bandara Ngurah Rai Bali.
Ilustrasi, vaksinasi di Bali (Foto: Sandiaga Uno/Instagram)
Jakarta -

Pemerintah melalui kementerian lembaga terus memperluas sentra vaksinasi. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam hal ini akan mengalihfungsikan destinasi wisata atau badan otorita jadi sentra vaksinasi.

Sebelumnya, Kemenparekraf telah menjadikan perguruan tinggi sebagai sentra vaksinasi. Penerima vaksin pun diklaim tinggi minatnya dan prosesnya berjalan dengan baik.

"Kemenparekraf telah menjadikan Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata di bawah naungan Kemenparekraf menjadi sentra vaksinasi. Hari Sabtu kemarin telah dimulai di STP Bandung yang didukung PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) dan pemerintah daerah, vaksinasi gelombang 1 yang dilakukan terhadap 2.000 pelaku parekraf," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam temu wartawan mingguan secara online, Senin (12/7/2021).

"Menyusul dalam waktu dekat juga PTNP lain dan juga Badan Otorita yang direncanakan juga akan menjadi sentra vaksinasi," imbuh dia.

Lebih dari, jelas Sandi, pihak Kemenparekraf juga akan berkolaborasi dengan industri lainnya untuk melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi.

"Saat ini, dalam skema PPKM Darurat, untuk penerbangan udara sertifikat vaksin telah menjadi salah satu syarat penerbangan. Namun Kembali lagi, saat ini fokus pemerintah adalah menekan angka penyebaran Covid-19, sehingga bepergian ke destinasi wisata pada masa PPKM Darurat ini tidak disarankan," terang dia.

Vaksinasi, kata Sandi, sebagai salah satu upaya mitigasi terhadap dampak PPKM darurat. Kemenparekraf mendorong lebih masif program vaksinasi yang terbukti menjadi salah satu benteng kuat untuk menghadapi varian Delta.

"Jadi saya mendorong destinasi wisata jadi sentra vaksinasi, selain itu efek lainnya menghibur para calon yang akan divaksin," terang Sandi. Ia menyambut baik program vaksinasi yang diadakan di destinasi wisata, salah satunya di sebuah pantai di Gunungkidul Yogyakarta.

Baru-baru ini, sebuah unggapan dari laman Instagram Pesona Jogja ikut memberitakan perihal spot vaksinasi. Hanya bukan di gelanggang olahraga atau kantor pemerintahan, melainkan di atas bukit dengan latar kece.

Dilihat detikTravel dari laman Instagramnya, Sabtu (10/7), unggahan itu menampilkan sebuah spot vaksinasi berlatar laut dan sangat Instagramable. Lokasinya berada di South Shore Sidoharjo, Gunungkidul.



Simak Video "Warga Parepare Berkerumun Abai Prokes Saat Antre Vaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA