Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 13 Jul 2021 08:42 WIB

TRAVEL NEWS

Indonesia Batal Haji di 2021, Bagaimana Peluang di 2022?

Syanti Mustika
detikTravel
haji
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Karena pandemi, jamaah haji Indonesia tidak berangkat di tahun ini. bagaimana peluang haji di tahun 2022?

Pemerintah Indonesia membatalkan pemberangkatan haji 2021. Pembatalan ibadah haji terjadi karena pandemi COVID-19 dan tidak adanya kuota dari Arab Saudi.

Namun, bagaimana dengan tahun depan? Dalam kegiatan Indonesia Islamic Marketing Festival 2021 yang diadakan MarkPlus Islamic melalui Zoom, Senin (12/7/21), Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah, Khorizi, memberikan jawaban.

"Bagaimana persiapan tahun 2022? Tentu kita akan terus melakukan persiapan sesuai dengan undang-undang. Semua yang telah kita lakukan Insya Allah menuju tahun 2002, tetapi kalau kita bicara regulasi Arab Saudi kita tidak bisa berbuat apa-apa. Jangankan kita menanyakan tahun 2022, untuk Umroh akan datang saja mereka belum bisa jawab," kata Khorizi.

"Mereka sedang konsentrasi dengan Haji 2021. Jadi, Insya Allah Kementerian Agama bersama pemerintah dan stakeholder akan tetap konsentrasi memberikan yang terbaik. Karena, tingkat kepuasan akan menjadi prioritas kita dalam memberikan pelayanan ke jamaah," ujar Khorizi.

Dengan dua tahun beruntun tidak memberangkatkan haji maka masa tunggu jamaah haji makin lama. Khorizi bilang itu bukan hanya persoalan Indonesia, namun juga dihadapi jemaah di negara lain.

"Bagaimana menguraikan masa tunggu? Tidak ada cara lain untuk mengurangi masa tunggu, karena yang melewati masa tunggu ini tidak hanya Indonesia namun negara seluruh dunia," kata Khorizi.

"Kenapa ini bisa terjadi? Karena animo masyarakat untuk melaksanakan ibadah haji semakin banyak. Sementara itu, ruang dan waktunya segitu saja. Arafah, Muzdalifah, Mina masih seperti itu, tanggal haji pun masih seperti itu," dia menambahkan.

Halaman berikutnya --> Janji Lobi Tambah Kuota Haji

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Arab Saudi Amankan 147 Orang Jemaah Haji Ilegal"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA