Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 14 Jul 2021 15:40 WIB

TRAVEL NEWS

Buka Peluang Usaha Buat Seniman, Sandiaga Mau Kolaborasi dengan TIM

Menparekraf Sandiaga Uno
Foto: Menparekraf Sandiaga Uno (dok. Kemenparekraf)
Jakarta -

Pandemi COVID-19 berdampak langsung terhadap nasib para seniman. Menparekraf Sandiaga Uno pun ingin berkolaborasi dengan seniman Taman Ismail Marzuki.

PPKM Darurat secara langsung menutup ruang berkreasi maupun pekerjaan seniman maupun pekerja seni lainnya. Tak terkecuali para seniman yang tergabung dalam Forum Seniman Peduli (FSP) Taman Ismail Marzuki.

Tak hanya kehilangan mata pencaharian, belasan orang seniman FSP Taman Ismail Marzuki pun dinyatakan meninggal dunia sejak pandemi COVID-19 mewabah DI Indonesia.

Kabar duka itu disampaikan Koordinator FSP Taman Ismail Marzuki, Exan Zen ketika berdiskusi dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno secara virtual pada Rabu (14/7/2021).

Penyebabnya pun disampaikan Exan tak hanya pandemi COVID-19, tetapi juga tidak adanya ruang berkreasi lantaran kawasan Taman Ismail Marzuki kini tengah direvitalisasi.

"Kawan-kawan seperjuangan di Forum Seniman Peduli selama masa pandemi ini sudah ada 17 orang yang meninggal dunia. Bukan hanya karena kena covid, mungkin penyebab lain karena selama revitalisasi Taman Ismail Marzuki, tidak ada kegiatan-aktivitas apa-apa," ungkap Exan.

"Mungkin di masa-masa yang sulit ini, tekanan-tekanan hidup itu membuat penyakit-penyakit lama yang tidak pernah mereka rasakan, karena tidak adanya aktivitas, (penyakit) menjadi muncul kembali," tambahnya.

Walau begitu, dirinya pun berterima kasih atas perhatian yang diberikan Kemenparekraf kepada para seniman FSP Taman Ismail Marzuki.

Seperti bantuan sembako yang disalurkan kepada para seniman Forum Seniman Peduli di Posko Taman Ismail Marzuki tahun 2020 lalu.

"Terima kasih atas bantuan Pak Menteri waktu itu," ujar Exan.

Kenyataan pahit yang disampaikan Exan sungguh menggetarkan hati. Sandiaga Uno pun berpesan kepada para seniman agar terus bersemangat dan optimis melewati badai pandemi COVID-19. Sebab, keberadaan para seniman disampaikannya sangat penting bagi masyarakat saat ini.

Selanjutnya ---->> Pesan Sandiaga ke Seniman

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Konten Kreatif Bantu Promosi Desa Wisata, Sandiaga Benahi Jaringan Internet"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA