Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 20 Jul 2021 14:11 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Cara Asyik Menikmati Libur Idul Adha di Rumah

Syanti Mustika
detikTravel
having barbecue on the grill with a group of friends in the backyarda
Ilustrasi perayaan Idul Adha. Foto: Dok. iStock
Jakarta -

Selamat Idul adha bagi traveler yang merayakan. Ini sederet tips simpel untuk kamu bisa merayakan Idul Adha di rumah saja namun tetap asyik.

detikcom telah merangkum nih, Selasa (20/7/2021) ragam tips asyik supaya libur Idul Adha di rumah saja menyenangkan.

1. Cerita tentang pengalaman traveling bersama keluarga

Ilustrasi kumpul keluarga LebaranIlustrasi kumpul keluarga Lebaran. Foto: Getty Images/ibnjaafar

Tidak ada salahnya kita bercerita tentang keseruan traveling kita saat sebelum pandemi. Kamu juga bisa pamer foto dan video keseruan kamu jalan-jalan sembari memberi semangat kepada keluarga untuk tetap bermimpi bisa jalan-jalan lagi nantinya.

2. Cek lagi destinasi yang belum dikunjungi

Ilustrasi HotelFoto: (iStock)

Bisa nih ajak saudara, atau orangtua untuk menyusun lagi daftar destinasi yang ingin dikunjungi saat liburan keluarga. Jangan lupa hitung juga perkiraan bujet yang akan dihabiskan selama liburan biar bisa nabung lagi. Jadi, sewaktu-waktu keadaan sudah membaik, bisa langsung berangkat deh.

3. Nonton video dokumenter

Sesekali bolehlah liburan dengan tontonan yang penuh edukasi namun tetap asyik kan? Tentang sejarah, keindahan wisata, keindahan laut dan alam destinasi tujuan kamu nanti juga bisa.

4. Edit foto traveling lalu bagikan di media sosial

ilustrasi ibu bekerja Foto: Getty Images

Selama larangan bepergian, kerinduan akan traveling seperti menikmati suasana pantai, mendaki gunung, atau hanya sekadar berjalan-jalan santai mengelilingi kota tampaknya bisa sedikit terbayar dengan melihat kembali foto-foto liburan sebelumnya. Edit saja foto-foto yang menyimpan kisah menarik, lalu mengunggahnya ke medsos.

5. Video call dengan sahabat

Asian woman using smartphone for video call, looking at screen of smartphone, Modern technologies and communication.Foto: Getty Images/iStockphoto/Panupong Piewkleng

Dengan telfonan dengan sahabat bepergian, bisa nih bernostalgia sembari cerita seru-seruan sat traveling dulu. Bisa juga kamu menyusun rencana saat bepergian diperbolehkan lagi.

6. Baca buku atau nonton film favorit

ilustrasi nonton filmilustrasi nonton film. Foto: iStock

Kamu yang punya hobi tertentu, seperti membaca buku atau menonton film, kegiatan ini juga bisa dilakukan untuk mengatasi rasa bosan selama menjalani social distancing. Bagi pencinta traveling, bisa nih membaca buku-buku, seperti The Naked Traveler, The Geography of Bliss, atau101 Travel Tips & Stories. Tonton juga film, seperti Eat Pray Love, The Secret Life of Walter Mitty, 5 cm,dan banyak lagi yang menarik lainnya.

7. Main game seru bareng keluarga

Entertainment Time! Foto: Getty Images/RainStar

Cara lain untuk menghempas rasa bosan selama di rumah adalah dengan bermain game bareng keluarga. Jika biasanya hanya bermain game online, di saat seperti ini bisa memilih permainan yang melibatkan seluruh anggota keluarga. Sebut saja monopoli, ludo, scrabble, kartu UNO, UNO stacko, catur, dan tebak kata/gaya, bahkan permainan tradisional seperti petak umpet, bola bekel, dan congklak. Seru, kan!

8. Jangan lupa bersih-bersih rumah

wanita lagi bersih bersih rumah Foto: Thinkstock

Selain kegiatan di atas, salah satu yang terpenting dan tidak boleh ketinggalan selama di rumah adalah bersih-bersih. Jangan lupa untuk menyapu dan mengepel lantai secara rutin, kemudian menyemprotkan disinfektan atau antiseptik cair ke beberapa spot di rumah, seperti jendela, gagang pintu, dan meja.Setelah itu, rapikan juga lemari pakaian dan sortir barang-barang yang sudah tidak digunakan lagi.

Itulah sederet tips dari detikTravel untuk kamu. Tetap sehat dan bergembira ya!



Simak Video "Doa Umat Islam Irak di Hari Raya Idul Adha"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA