Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 25 Jul 2021 20:26 WIB

TRAVEL NEWS

Ciri Khas Suku Sunda Lengkap: Bahasa, Kesenian, sampai Rumah Adat

Tim detikcom
detikTravel
Pertunjukan Virtual, Modal Saung Angklung Udjo Bangkit dari Pandemi
Foto: Yudha Maulana/detikcom
Jakarta -

Suku Sunda merupakan salah satu suku mayoritas di Indonesia yang berasal dari Jawa Barat. Berikut ini ciri-cirinya.

Suku Sunda merupakan salah satu suku mayoritas yang ada di Indonesia. Populasinya mencapai 15,5% dari penduduk Indonesia atau terbesar kedua setelah Suku Jawa.

Suku ini berasal dari Jawa Barat. Mereka memiliki sejumlah ciri khas, mulai dari bahasa yang digunakan, kesenian, hingga rumah adat.

1. Bahasa

Suku Sunda berkomunikasi menggunakan bahasa Sunda. Uniknya bahasa Sunda yang digunakan memiliki dialek khas dari daerah-daerah di Jawa Barat. Misalnya Sunda-Banten, Cirebonan, atau Sunda-Jawa Tengah yang biasanya eksis di daerah-daerah perbatasan.

2. Alat musik

Suku Sunda punya alat musik khas yang terbuat dari bambu. Alat musik itu adalah angklung.

Angklung sendiri merupakan alat musik tradisional yang terkenal hingga ke mancanegara. Cara memainkannya adalah dengan digoyang.

3. Tari tradisional

Suku Sunda memiliki beragam tari tradisional khas. Beberapa di antaranya populer di Indonesia, yakni Tari Jaipong, Tari Topeng, dan Tari Rampak Gendang.

4. Rumah adat

Rumah adat Sunda adalah rumah panggung. Rumah ini dibangun dengan tinggi sekitar satu meter di atas permukaan tanah. Alasan disisakan ruang di bagian bawahnya adalah karena ruang itu digunakan sebagai tempat mengikat hewan peliharaan. Sementara itu, tangga untuk naik ke rumah adat Suku Sunda dinamakan golodog.

Rumah Suku Sunda ini memiliki nama atap yang beragam, seperti Jolopong, Tagong Anjing, Badak Heuay, Perahu Kemureb, Jubleg Nangkub, Capit Gunting, dan Buka Pongpok. Dari seluruh jenis itu, yang paling banyak dijumpai adalah rumah adat dengan jenis atap Jolopong.



Simak Video "Serunya Meluncur di Atas Pasir Curam Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA