Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 30 Jul 2021 07:11 WIB

TRAVEL NEWS

Mengapa Indonesia Disebut Negara Maritim? Ini Jawabannya

Tim detikcom
detikTravel
peta indonesia
Foto: Ilustrasi (dok. Istimewa)
Jakarta -

Indonesia dijuluki sebagai negara Maritim. Mengapa Indonesia disebut negara maritim? Ternyata ini jawabannya.

Indonesia sering disebut sebagai negara maritim. Dalam KBBI, maritim memiliki arti berkenaan dengan laut; berhubungan dengan pelayaran dan perdagangan di laut.

Dikutip dari buku 'Saya Indonesia, Negara Maritim Jati Diri Negaraku' karya Ayu Andriani, negara maritim adalah sebuah negara yang memiliki kawasan teritorial laut yang luas.

Negara maritim biasanya berbentuk kepulauan atau negara yang memiliki banyak pulau, serta memiliki berbagai kekayaan alam dalam laut, dan secara geografis dikelilingi oleh perairan.

Indonesia disebut sebagai negara maritim adalah karena mendapat pengakuan dunia, bahwa Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia punya 17.508 pulau. Pulau-pulau tersebut terbentang di wilayah Indonesia mulai dari Sabang (ujung barat) sampai Merauke (ujung timur).

Secara geografis, luas lautan Indonesia diperkirakan dua per tiga lebih besar dibandingkan luas daratannya. Oleh sebab itu, Indonesia punya garis pantai sepanjang 81.000 kilometer, menjadikan Indonesia sebagai negara dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia setelah Kanada.

Indonesia pun memiliki potensi besar menjadi poros maritim dunia dan merupakan unsur penting bagi kemajuan dan kejayaan sebuah negara. Kurang lebih 40% lalu lintas perdagangan barang dan jasa yang diangkut kapal melintasi perairan Indonesia.

Lautan Indonesia juga merupakan wilayah Marine Mega-Biodiversity terbesar di dunia. Tercatat, ada 8.500 spesies ikan, 555 spesies rumput laut, 950 spesies biota terumbu karang.

Sudah selayaknya Indonesia sebagai negara maritim melindungi dan melestarikan lautan, supaya kekayaan flora dan fauna itu tidak punah di masa depan.



Simak Video "Luhut Sorot Serapan Alkes Impor 5 Kali Lebih Besar Dibanding Produk Lokal"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA