Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 01 Agu 2021 10:29 WIB

TRAVEL NEWS

'Dua Warga Khusus' DKI Positif Covid-19 dan Isoman di Ragunan

Syanti Mustika
detikTravel
Harimau Sumatera di Ragunan
Foto: (Anies Baswedan/Instagram)
Jakarta -

Kasus hewan terpapar Covid-19 bukanlah hal baru. Sekarang, dua ekor harimau di Kebun Binatang Ragunan positif Covid-19 dan mereka isolasi di kandang.

Dalam Instagramnya, Minggu (1/9/2021) Kebun Binatang Ragunan atau Ragunan Zoo mengungkapkan bahwa dua 'warga' mereka terpapar Covid-19. Mereka melakukan isoman di kandang dan pasokan makanan dipastikan tercukupi.

Adapun warga yang dimaksud adalah dua ekor harimau Sumatera bernama Hari dan Tino. Mereka didiagnosis positif COVID-19 15 Juli lalu.

Ternyata Gubernur DKI Jakarta menyempatkan datang menjenguk 'warga' tak baisanya ini. Kunjungannya pun dia bagikan dalam laman Instagramnya yang juga diposting oleh akun Ragunan Zoo. Anies mengatakan bahwa kondisi dua ekor 'warganya' ini sudah membaik.

"Kemarin, sesudah berkeliling ke enam lokasi vaksinasi di Jakarta, menyempatkan diri mampir ke Ragunan untuk menengok pasien COVID yang cukup unik ini," tulis Anies.

[Gambas:Instagram]



Dalam postingannya, Anies juga menceritakan bagaimana awal mula Hari dan Tino menunjukan gejala terpapar Covid-19.

"Sekitar tiga minggu lalu, perawat satwa di Ragunan memperhatikan bahwa Hari dan Tino tampak sakit dan bergejala seperti COVID, yaitu flu, lemas dan sesak napas,"

"TMR langsung bertindak cepat, memanggil petugas swab paling berani sedunia untuk mengambil sampel swab Hari dan Tino dan mengirimkannya ke Laboratorium Bioteknologi milik Pusat Studi Satwa Primata, Institut Pertanian Bogor. Ternyata hasil tes PCR menunjukkan Hari dan Tino positif COVID-19," jelasnya.

Dalam captionnya lagi, Anies mengungkapkan juga bahwa dua 'warga khususnya' ini tidak bisa isolasi di wisma atlet. Mereka pun melakukan isolasi mandiri di kandang dengan pengawasan petugas kesehatan.

"Hari dan Tino tidak bisa dikirim untuk isolasi ke Wisma Atlet, tapi harus melakukan isoman dan dirawat serta dimonitor dengan ketat oleh para dokter hewan terbaik di Ragunan,"

"Alhamdulillah, Hari dan Tino kini berangsur pulih dan sudah tampak aktif. Walaupun demikian, karena Jakarta masih berada dalam situasi PPKM Level 4 maka TMR belum bisa dibuka untuk publik. Jadi Hari dan Tino tidak harus buru-buru kembali WFO dan punya waktu untuk menyehatkan diri sepenuhnya," tulis Anies.

Dalam penutup postingannya, Anies juga memperlihatkan hasil tes PCR Hari dan Tino. Terlihatlah keterangan hasil analisis yang menunjukan 'dua warga khusus' ini positif Corona.

"Catatan: foto dan surat hasil tes PCR diunggah sudah atas persetujuan Hari dan Tino." tutup Anies.

Cepat pulih Hari dan Tino!



Simak Video "Anies: Masalah-masalah Besar Banyak Bermula dari Perkotaan"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA