Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 07 Agu 2021 16:09 WIB

TRAVEL NEWS

Jet Masa Depan Nih, Naik-Turunnya Vertikal!

bonauli
detikTravel
Corporate business jet setting on ramp with door open and sun setting in the background.
Ilustrasi pesawat jet (iStockphoto)
Jakarta -

Dunia penerbangan tak henti-hentinya berinovasi. Kali ini sebuah jet baru akan hadir dengan kemampuan berbeda, mendarat secara vertikal.

Dilansir dari CNBC Indonesia, maskapai ini adalah Azul Linhas Aereas. Maskapai asal Brasil ini bekerja sama dengan perusahaan rintisan asal Jerman bernama Lilium.

Kerjasama dua perusahaan ini adalah penandatanganan kesepakatan senilai USD 1 miliar atau 14,3 triliun untuk produksi jet listrik. Jet listrik ini memiliki kemampuan untuk lepas landas dan mendarat secara vertikal.

Rencananya mereka akan menjual 220 pesawat jet kepada maskapai tersebut. Harga per unitnya mencapai USD 4,5 juta atau sekitar Rp 64,3 miliar.

Kedua perusahaan tersebut mengatakan mereka berencana untuk membangun jaringan pesawat eVTOL (lepas landas dan mendarat vertikal untuk jet listrik) di seluruh Brasil mulai tahun ini dan tahun 2025 mendatang.

"Pesawat yang akan kami luncurkan akan melakukan 175 mil per jam. Jangkauannya akan mencapai 155 mil," kata Alex Asseily, kepala strategi Lilium.

Asseily mengatakan pesawat terbaru Lilium adalah model lima tempat duduk. Tetapi yang masuk ke produksi serial dan dijual ke Azul adalah model tujuh tempat duduk. Sejauh ini produksinya sudah mencapai 50% selesai.

Azul adalah maskapai penerbangan domestik terbesar di Brasil. CEO Azul, John Rodgerson, mengatakan bahwa merek, jaringan rute, dan program loyalitas Azul akan membantu menciptakan pasar dan permintaan untuk jaringan jet Lilium di Brasil.

Investor telah mendukung Lilium, yang bersaing dengan produsen Airbus dan BlackFly, dengan US$ 300 juta sejauh ini.

Namun, perusahaan berencana untuk mengumpulkan tambahan US$ 830 juta yang akan memberikan penilaian pasca uang sekitar US$ 3,3 miliar. Uang tersebut dikumpulkan melalui SPAC dengan QellSPAC, dan akan diketuai oleh mantan CEO Airbus Thomas Enders.

Veteran Tesla Gabrielle Toledano dan eksekutif penerbangan Henri Courpron akan bergabung dengan dewan direksi Lilium setelah menyelesaikan kombinasi bisnis Lilium dengan QellSPAC.



Simak Video "Saat Jet-jet Tempur Taiwan Mendarat di Jalanan"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA