Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 09 Agu 2021 08:12 WIB

TRAVEL NEWS

Lindungi Karang, Thailand Larang Sunblock di Pantai

bonauli
detikTravel
Pulau Senoa tak hanya memiliki panorama pantai yang menawan, saat menjelajah alam bawah laut pulau itu para pengunjung pun akan dibuat terpesona. Yuk, lihat.
Ilustrasi karang (Agung Pambudhy)
Bangkok -

Sunblock atau tabir surya menjadi salah satu barang wajib untuk yang biasa dibawa oleh turis. Kini, Thailand melarang penggunaan sunblock di area pantai.

Dilansir dari BBC, Thailand resmi mengeluarkan larangan tabir surya di semua taman nasionalnya. Sunblock diyakini mengandung bahan kimia yang merusak karang.

Departemen Konservasi Thailand mengatakan ada empat bahan berbahaya yang ditemukan dalam sunblock. Bahan tersebut terbukti menghancurkan larva karang, menghambat reproduksi karang dan menyebabkan pemutihan karang.

Sunblock yang dilarang adalah yang memiliki kandungan oxybenzo, octinoxate, 4-methylbenzylidene camphor atau butylparaben.

"Siapa pun yang melanggar larangan tersebut dapat didenda hingga 100.000 baht," ujar departemen.

Jika dirupiahkan dendanya mencapai sekitar Rp 43 jutaan. Namun, para pejabat belum menjelaskan secara detail cara untuk menegakkan aturan baru ini.

Kebijakan ini menjadi upaya terbaru pemerintah Thailand untuk melindungi terumbu karang dari indsutri pariwisata. Sebelumnya, Thailand sudah merasakan dampak dari mass tourism di Pulau Phi Phi Leh, May Bay. Karang dipulau ini dinyatakan hancur dan seluruh pulau ditutup sejak tahun 2018.

Selain Thailand, sudah ada beberapa daerah yang melarang penggunaan sunblock di pantai. Di antaranya, Hawaii dan Palau.

Hawaii sadar sebagian besar tabir surya yang beredar di pasaran mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya untuk terumbu karrang, seperti oxybenzone dan octinoxate.

Sebenarnya, kedua zat tersebut sangat efektif untuk mencegah kanker kulit karena paparan sinar matahari. Namun, dampaknya bagi laut adalah pemutihan terumbu karang, bahkan bisa membunuh pertumbuhan karang baru.

Tabir surya yang beredar di AS pun 70 persennya mengandung dua zat tersebut. Merek-merek itu adalah Banana Boat, Coppertone dan Hawaiian Tropic.

Namun, ada juga zat yang berbahan dasar mineral yang tidak larut dalam air untuk menjaga kulit agar tidak kena paparan sinar matahari langsung. Sunblock ini menggunakan zinc oxide dan titanium dioxide untuk memantulkan sinar matahari ke kulit.

Tak jauh beda dengan Hawaii, Palau pun melarang sunblock dengan bahan-bahan tersebut. Menurut laporan para peneliti, senyawa oxybenzone dapat menyebabkan kelainan bentuk pada terumbu karang muda, serta bisa merusak DNA dari karang tersebut. Keberadaan zat-zat kimia ini juga bisa mengancam ketahanan terumbu karang terhadap perubahan iklim.



Simak Video "Thailand Siap Sambut Wisatawan Asing dan Tak Perlu Karantina"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA