Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 10 Agu 2021 07:11 WIB

TRAVEL NEWS

Kisah Gajah Pengembara di China yang Akhirnya Pulang

Putu Intan
detikTravel
Gajah di China
Foto: Yunnan Provincial Command Center for the Safety and Monitoring of North Migrating Asian Elephants via AP
Jakarta -

Kawanan gajah pengembara di China akhirnya digiring pulang ke habitatnya. Gajah-gajah ini sudah setahun bertualang mencari sumber makanan.

Pemandangan unik ditemukan warga China beberapa hari terakhir. Sekelompok gajah tampak berjalan beriringan menuju suatu tempat setelah sebelumnya berkelana ke kota barat daya China untuk menyerbu peternakan hingga rumah jompo demi makanan.

Dilansir Channel News Asia, Selasa (10/8/2020) pihak berwenang setempat telah mengerahkan truk, pekerja, sampai drone untuk memantau gajah-gajah ini. Mereka membuka jalan untuk para gajah supaya bisa lewat dengan aman.

Mereka memancing para gajah ini dengan makanan agar mereka tak berbelok ke permukiman penduduk. Untungnya, meskipun jalur gajah ini masuk ke lingkungan desa dan dekat dengan ibukota Provinsi Yunan, Kunming, tidak ada hewan lain atau manusia yang terluka.

Sekelompok gajah ini terdiri atas 14 gajah asia dengan berbagai ukuran usia. Mereka digiring melintasi Sungai Yuanjiang di Yunnan pada Minggu (8/8) malam. Sebuah jalan dibuka khusus untuk mereka kembali ke cagar alam di Prefektur Otonomi Xishuangbanna Dai.

Gajah-gajah ini meninggalkan cagar alam lebih dari setahun yang lalu karena alasan yang belum diketahui. Mereka berkeliaran lebih dari 500 kilometer ke utara.

Setelah sampai di pinggiran Kunming yang merupakan pusat bisnis dan pariwisata, kawanan gajah itu berbelok ke selatan lagi namun masih jauh dari cagar alam. Satu ekor gajah jantan yang terpisah dari kawanannya kemudian ditenangkan dan dikembalikan ke cagar alam.

Gajah asia merupakan salah satu hewan paling dilindungi di China. Saat ini ada sekitar 300 ekor gajah asia di sana. Populasi ini disebut berkembang kendati habitat mereka menyusut karena diubah menjadi lahan pertanian dan perkotaan.

Sampai Minggu malam, gajah-gajah itu masih berada di Yuanjiang. Jaraknya sekitar 200 kilometer dari cagar alam. Menurut Administrasi Kehutanan dan Padang Rumput Nasional China, mereka berada di habitat yang sesuai setelah menyeberangi sungai. Mereka berjanji akan terus berusaha mengembalikan gajah ke habitat aslinya.



Simak Video "Momen Langka! Sekawanan Gajah Tidur Bersama di Tengah Hutan"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA