Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 11 Agu 2021 10:41 WIB

TRAVEL NEWS

Australia Perluas Lockdown

Pemerintah Tambah Bantuan Uang bagi Warga Sydney yang Terdampak Lockdown Jadi Sekitar Rp8 Juta Seminggu
Lockdown di Sydney, Australia diperluas (Foto: ABC Australia)
Sydney -

Negara bagian terpadat di Australia telah memperluas lockdown efek dari semakin merebaknya Covid-19. Sydney mencatat kasus harian tertinggi.

Diberitakan CNN, kebijakan lockdown ini mencakup kota pedesaan dan wilayah pesisir hingga Teluk Byron.

Ada empat kematian dan 356 infeksi Covid-19 yang ditularkan secara lokal yang dikonfirmasi di New South Wales pada hari Senin, hampir semuanya berada di Sydney. Kejadian ini diumumkan oleh perdana menteri negara bagian Gladys Berejiklian.

New South Wales adalah salah satu dari sejumlah negara bagian Australia yang berjuang untuk menahan wabah terbaru. Varian delta virus Corona telah menyebabkan lockdown di beberapa kota terbesar di negara itu.

Setidaknya 10 juta orang di seluruh Australia menghadapi pembatasan Covid-19. Jumlah itu sekitar 40% dari populasi negara itu.

Pada hari Senin, pemerintah New South Wales memperluas lockdown negara bagian ke wilayah regional, termasuk Tamworth, sebuah kota pertanian 414 kilometer barat laut Sydney dan Byron Bay, tempat wisata sekitar 770 kilometer utara Sydney.

Berejiklian mengatakan pada konferensi pers pada hari Senin bahwa keduanya akan memasuki lockdown selama tujuh hari setelah dua orang yang terinfeksi melanggar pembatasan dan bepergian ke sana.

"Sebagai tindakan pencegahan, para ahli kesehatan telah merekomendasikan agar kami mengunci Tamworth selama satu minggu," kata Berejiklian kepada wartawan.

Varian Delta yang sangat menular terus melonjak di New South Wales. Virus Corona tetap menjalar meski ada tindakan lockdown di kota terbesarnya dan diperpanjang hingga minggu ketujuh.

Perdana Menteri Berejiklian membenarkan akan ada lockdown yang lebih lama. Jika tidak, jumlah kasus akan mencapai ribuan setiap harinya.

Negara bagian tetangga, Victoria, melaporkan 20 kasus lokal pada hari Senin. Jumlah itu naik dari 11 kasus sehari sebelumnya.

Lockdown ibu kota negara bagian Melbourne saat ini dijadwalkan berakhir pada hari Kamis. Perdana menteri negara bagian, Daniel Andrews, mengatakan pembatasan di daerah-daerah di luar kota akan dilonggarkan pada hari Senin.

Lockdown Sydney akan berakhir pada 28 Agustus. Tapi pemerintah negara bagian telah mengindikasikan bahwa pembatasan akan tetap dilakukan hingga September.

Di Queensland, kota wisatanya Cairns juga dikunci. Ada empat kasus lokal dilaporkan pada Senin.

Beberapa daerah di tenggara negara bagian itu, termasuk ibu kota Brisbane, keluar dari pembatasan tinggal di rumah pada hari Minggu.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison dikecam karena peluncuran vaksin yang lamban, dengan hanya 22,5% warga Australia di atas 16 tahun yang telah divaksinasi penuh.

Jumlah itu jauh di bawah Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Eropa meskipun populasi Australia lebih kecil. Morrison mengakui rasa frustrasi yang meningkat tetapi mendesak orang untuk bersabar.

Hingga kini, total infeksi sekitar 36.630 kasus dan ada 940 kematian, menurut Kementerian Kesehatan Australia.

Morrison mengatakan bahwa semua warga Australia yang berumur di atas 16 tahun akan ditawari vaksin pada akhir tahun. Regulator farmasi memberikan persetujuan sementara untuk vaksin Moderna.



Simak Video "Sydney Cabut Lockdown: Bersiap Hidup Bareng Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA