Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 14 Agu 2021 23:32 WIB

TRAVEL NEWS

Jalur Pendakian Gunung Ciremai Dibuka, Ini Syarat dan Ketentuannya

Femi Diah
detikTravel
Edelweiss Gunung Ciremai
Ilustrais Gunung Ciremai (Muhammad Idris/detikTravel)
Kuningan -

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) Kabupaten Kuningan kembali membuka jalur pendakian ke Gunung Ciremai. Kuota dibatasi.

Jalur pendakian Gunung Ciremai, gunung tertinggi di Jawa Barat itu, sempat ditutup sementara waktu karena Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Pendakian sudah dibuka sesuai kebijakan Pemda Kuningan. Jalur Linggarjati, Linggasana, dan Palutungan yang dibuka," kata Juru Bicara BTNGC Kabupaten Kuningan Agus Yudantara di Kuningan seperti dikutip dari Antara, Sabtu (14/8/2021).

Sementara itu, Agus jalur pendakian Apuy Gunung Ciremai di Kabupaten Majalengka masih tutup.

Ia mengatakan pembukaan kembali pendakian Gunung Ciremai disesuaikan dengan protokol kesehatan Covid-19. Selain itu, kuota pendakian juga dibatasi maksimal 25 persen dari kapasitas yang ada. Aturan itu berlaku untuk semua jalur pendakian.

Aturan lain yang diterapkan adalah para pendaki wajib sudah vaksin Covid-19.

Dia menjelaskan pembatasan jumlah pendaki tersebut salah satu upaya meminimalkan terjadinya keramaian di puncak Gunung Ciremai, sehingga ketentuan jaga jarak antarpendaki bisa diterapkan.

"Pembatasan pendakian dari hasil analisa daya tampung dan daya dukung untuk menentukan kuota pengunjung. Dari kapasitas 100 persen dikasih kuota hanya 25 persen saja," kata dia.



Simak Video "Macan di TNGC Turun ke Kebun, Imbas Ledakan 'Mother of Satan'?"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA