Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 16 Agu 2021 14:03 WIB

TRAVEL NEWS

Kenapa Haiti Kerap Dilanda Gempa Besar?

Putu Intan
detikTravel
Dampak kerusakan akibat gempa M 7,2 di Haiti
Foto: Dampak kerusakan akibat gempa M 7,2 di Haiti (AP Photo/Delot Jean)
Les Cayes, Haiti -

Gempa dahsyat dengan skala magnitudo 7,2 mengguncang Haiti pada Sabtu (14/8/2021) waktu setempat. Gempa ini menewaskan ribuan orang dan membuat ribuan orang terluka.

Gempa ini muncul 11 tahun sejak gempa besar melanda Haiti pada 2010. Kala itu ribuan orang meninggal dan sekitar 100 ribu bangunan hancur.

Dengan dampak yang begitu besar, muncul pertanyaan mengapa Haiti kerap dilanda gempa besar?

Dilansir dari Associated Press, Senin (16/8/2021) gempa yang terjadi di Haiti adalah gempa tektonik. Artinya, gempa ini timbul dari pergerakan lempeng tektonik. Haiti sendiri terletak di dekat persimpangan dua lempeng yakni lempeng Amerika Utara dan Karibia.

Beberapa garis patahan antara lempeng-lempeng ini berpotongan di dekat Pulau Hispaniola yang merupakan wilayah Haiti dan Republik Dominika. Sayangnya, tidak semua garis patahan ini berperilaku sama.

"Hispaniola berada di tempat di mana lempeng-lempeng bertransisi dari bertumbukan bersama menjadi bergeser melewati satu sama lain," kata Rich Briggs, ahli geologi penelitian di Pusat Ilmu Bahaya Geologi Survei Geologi AS.

"Ini seperti batu yang tersangkut di jalur pintu kaca geser. Dia tidak mau bergerak dengan mulus karena ada begitu banyak kekuatan berbeda di dalamnya," sambungnya.

Lalu apa penyebab spesifik terjadinya gempa saat ini?

Gempa kali ini berpusat di sepanjang zona patahan Enriquillo-Plantain Garden, yang melintasi Semenanjung Tiburon barat daya Haiti. Ini adalah zona patahan yang sama dengan gempa dahsyat pada 2010 dan kemungkinan juga menjadi penyebab gempa Haiti 1751 dan 1860.

Gempa bumi ini terjadi karena lempeng tektonik perlahan bergerak satu sama lain hingga menciptakan gesekan. "Gesekan itu menumpuk dan menumpuk dan tersimpan ketegangan untuk mengatasi gesekan itu. Saat itu patahan bergerak tiba-tiba. Itulah yang dimaksud dengan gempa bumi," kata penasihat senior untuk bahaya gempa dan geologi USGS, Gavin Hayes.

Selanjutnya mengapa gempa Haiti berdampak besar?

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Penampakan Dampak Dahsyatnya Guncangan Gempa M 7,2 di Haiti"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA