Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 17 Agu 2021 10:30 WIB

TRAVEL NEWS

Mengenal Baju Adat Lampung yang Dipakai Jokowi di Upacara HUT ke-76 RI

Putu Intan
detikTravel
Presiden Joko Widodo kembali kenakan pakaian adat saat upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI. Kali ini, Jokowi memakai pakaian adat Lampung.
Presiden Jokowi berbaju adat Lampung. Foto: Dok. Laily Rachev-Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan baju adat Lampung dalam upacara HUT ke-76 RI di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021). Pakaian yang ia gunakan didominasi warna merah, putih, dan emas.

Melalui siaran langsung upacara di Youtube Sekretariat Presiden, pembawa acara menyampaikan bahwa pada kesempatan kali ini Presiden Jokowi mengenakan baju adat Lampung. Sementara itu, Ibu Negara Iriana memakai busana nasional dengan kain songket.

Baju adat Lampung disebut sebagai baju Tulang Bawang. Baju Tulang Bawang ini biasanya dikenakan pada acara tertentu, misalnya pernikahan.

Baju ini dibedakan menjadi Lampung Pepadun dan Lampung Saubatin. Perbedaan mencolok antara keduanya adalah dominasi warna, di mana Lampung Pepaduan lebih identik dengan warna putih sedangkan Lampung Saubatin berwarna merah.

Pada dasarnya, ada beberapa komponen utama dari baju adat Lampung yang dikenakan pria dan wanita. Untuk pria, baju adat ini terdiri atas baju lengan panjang, celana panjang, sarung tumpal, sesapuran, dan khikat akhir.

Poin utama dari baju adat Lampung adalah sarung tumpal yakni kain khas Lampung yang ditenun dengan benang emas. Pada baju yang dikenakan Jokowi, kita dapat melihat sarung tumpal berwarna merah dengan hiasan benang emas di dalamnya.

Kemudian ada juga khikat akhir atau selendang bujur. Selendang ini disampirkan di pundak untuk menutupi bahu.

Di samping komponen utama tadi, ada juga pernak-pernik pendukung yang biasanya digunakan. Misalnya kalung buah jakum, kalung papan jalar, selempang pinang, aneka gelang, sampai ikat pinggang yang dilengkapi dengan keris.

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi telah memulai tradisi mengenakan baju adat saat upacara kemerdekaan sejak 2017. Setiap tahun, ia akan mengenakan baju adat berbeda. Misalnya pada 2020, ia mengenakan baju adat dari Timor Tengah Selatan, NTT.



Simak Video "Demokrat Cerita Sulitnya Sampaikan Kritik di Era Pemerintahan Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA