Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 17 Agu 2021 13:47 WIB

TRAVEL NEWS

Peringati HUT RI, Masyarakat Bantul Lepas 76 Tukik di Pantai

Susana pelepasan tukik di Pantai Goa Cemara, Kalurahan Gadingsari, Kepanewon Sanden, Kabupaten Bantul.
Suasana pelepasliaran tukik. Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Jakarta -

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) pantai di Kalurahan Gadingsari, Kepanewon Sanden, Bantul memperingati HUT ke-76 RI dengan cara yang unik. Mereka menggelar upacara dan melepasliarkan 76 tukik di Pantai Goa Cemara.

Ketua Pokdarwis Gadingsari Suranto mengatakan, bahwa sebelum melepasliarkan puluhan tukik pihaknya menggelar upacara bendera di tempat parkir pantai Goa Cemara. Karena pandemi COVID-19, upacara hanya melibatkan anggota pokdarwis, perwakilan dari komunitas, perwakilan instansi dan warga.

Selanjutnya, kegiatan berlanjut dengan melepasliarkan 76 tukik ke laut lepas. Dia menyebut 76 tukik itu berasal dari penangkaran yang ada di kompleks Pantai Goa Cemara.

"Petugas membawa bendera merah putih sambil mengambil tukik-tukik berumur 5-7 hari yang selanjutnya dilepasliarkan ke laut lepas. Untuk jumlahnya ada 76 tukik karena sesuai dengan peringatan HUT RI," katanya saat ditemui wartawan, Selasa (17/8/2021).

Susana pelepasan tukik di Pantai Goa Cemara, Kalurahan Gadingsari, Kepanewon Sanden, Kabupaten Bantul.Susana pelepasan tukik di Pantai Goa Cemara, Kalurahan Gadingsari, Kepanewon Sanden, Kabupaten Bantul. Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom

Suranto menyebut, pelepasan tersebut bertujuan untuk melestarikan keberadaan tukik. Terlebih tukik termasuk hewan yang dilindungi.

"Tujuannya agar mereka belajar bagaimana melestarikan hewan yang saat ini termasuk hewan yang dilindungi," ujarnya.

Sementara itu, salah satu warga yang berpartisipasi yakni Astuti mengaku senang tukik-tukik itu akhirnya bisa ke laut lepas. Menurutnya dengan semakin banyak tukik bisa dilepasliarkan maka semakin banyak penyu yang akan kembali ke pantai untuk bertelur.

"Karena kan penyu akan kembali lagi ke tempat di mana dia pertama kali menyentuh laut meskipun sudah berkelana jauh sekali," ucapnya.



Simak Video "Momen Peringatan Detik-detik Proklamasi di Simpang CSW Jaksel"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA