Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 20 Agu 2021 05:02 WIB

TRAVEL NEWS

Asteroid Sebesar Burj Khalifa Akan Mendekati Bumi

bonauli
detikTravel
NASA: Belasan Asteroid Lintasi Bumi di Bulan Juni
Ilustrasi asteorid DW (SoftNews)
Jakarta -

Bulan Agustus bakal ditandai dengan peristiwa langit. Sebuah asteroid bakal melewati bumi.

Sebuah asteroid diprediksi melewati bumi pada Sabtu, 21 Agustus 2021. Dilansir dari NASA, asteroid ini diberi nama 2016 AJ193, karena terlihat pada tahun 2016. Kali ini asteroid tersebut akan mendekat dengan ukuran sedang

Asteroid itu lebarnya 1,4 km dan bergerak dengan kecepatan 94.208 km/jam. Asteroid tersebut akan melintas dalam jarak 3.427.445 km dari bumi.

Nantinya, 2016 AJ193 akan terlihat pada pukul 11.10 ET atau sekitar 15.10 UTC. Kira-kira ukurannya 1,5 kali ukuran Burj Khalifa atau lebih dari 4,5 kali ukuran Menara Eiffel.

NASA telah mengklarifikasikan asteroid ini sebagai potensi bahaya. Sebenarnya jarak ini masih aman, namun tetap diklasifikasikan sebagai potensi bahaya karena pendekatan yang cukup dekat.

Astronom NASA akan mengamati asteroid mulai 20-24 Agustus dengan menggunakan radar. Menurut NASA/JPL orbit asteorid sangat elips dan mengorbit matahari setiap 2.160 hari atau setiap 5,91 tahun.

Dalam publikasinya NASA menyebutkan bahwa pada jarak terdekatnya, 2016 AJ193 akan tetap 8,9 kali lebih jauh dari jarak bulan ke bumi.

Sebelumnya, pada tanggal 1 Agustus lalu ada peristiwa langit Konjungsi Superior Merkurius. Konjungsi superior Merkurius terjadi ketika Merkurius, Matahari, dan Bumi ada di satu garis lurus dan posisi Merkurius membelakangi Matahari.

Sementara itu, pada tanggal 2 Agustus ada Oposisi Saturnus. Peristiwa oposisi Saturnus terjadi ketika Saturnus, Bumi, dan Matahari ada di satu garis lurus. Jika terjadi saat Bulan purnama, Saturnus akan terlihat lebih terang dari Bumi.

Kemudian pada tanggal 11-12 Agustus ada Puncak Hujan Meteor Perseid. Hujan meteor Perseid dikenal memiliki intensitas atau kemampuan yang besar, yaitu 100 meteor per jam atau lebih.

Bahkan pada puncaknya, intensitas hujan meteor Perseid bisa bertambah hingga 150 meteor per jam. Masih di tanggal 11 Agustus, ada Konjungsi Venus yang bisa terlihat setelah matahari terbenam.

Wah, kalau begitu siapkan diri untuk melihat asteroid sebesar Burj Khalifa, ya!



Simak Video "Dilacak NASA, Asteroid Bennu Diprediksi Bakal Melintas Dekat Bumi"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA