Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 20 Agu 2021 08:11 WIB

TRAVEL NEWS

Kukuruyuk! Kesal Dibangunkan Ayam Tiap Pagi, Turis Ini Lapor Wali Kota

bonauli
detikTravel
Ribadesella
Ribadesella (Getty Images/iStockphoto/KikeArnaiz)
Ribadesella -

Suasana di pedesaan rupanya belum tentu bikin nyaman turis. Baru-baru ini, ada wisatawan yang protes tidurnya terganggu ayam berkokok.

Desa-desa di Spanyol mulai kembali membuka pintu untuk wisatawan, salah satunya adalah Ribadesella. Desa di Spanyol utara ini jadi incaran wisatawan dengan nuansa pedesaan yang masih kental.

Di tengah kesunyian desa, seorang turis protes kepada wali kota. Turis ini terganggu dengan suara ayam yang membangunkannya.

"Minggu lalu kami kedatangan seorang wanita yang terganggu dengan tiga atau empat kali atas suara ayam jantan yang membangunkannya pada pukul 05.00," kata Ramon Canal, wali kota Ribadesella, dilansir dari The Guardian.

Wali kota tidak kaget. Karena keluhan semacam itu bukan yang pertama dari turis.

Turis perempuan itu sampai meminta agar Wali Kota Canal melakukan sesuatu untuk meredam suara ayam saat dini hari.

Namun bukannya membela sang turis, wali kota tersebut beraksi dengan menempelkan poster ke seisi desa. Poster tersebut berisikan suasana pedesaan yang tak mungkin bisa dihindari.

"Di sini kami memiliki lonceng gereja yang berbunyi secara teratur, ayam jantang yang berkokok di pagi hari dan kawanan ternak yang tinggal di dekat rumah warga. Terkadang lonceng sapi juga mengeluarkan suara," demikian bunyi poster tersebut.

Tujuan dari poster ini adalah menjembatani kesenjangan yang kadang menganga antara kaum urban dan kehidupan pedesaan. Jika turis tidak bisa menangani ini semua, maka mereka tidak berada di tempat yang tepat.

"Kita perlu menyadari bahwa susu tidak datang dalam karton, itu berasal dari sapi dan Anda harus memberi makan dan memelihara mereka," ujar Wali Kota Canal.

Ide poster ini datang dari sebuah desa di selatan Prancis, sekitar dua tahun lalu, Saint Andre de Valborgne. Desa ini memiliki 400 warga yang kerap dibuat kesal oleh turis yang suka marah-marah karena lonceng sapi dan ayam.

Sebenarnya di Ribadesella, hanya ada sedikit keluhan soal ini. Namun, para pejabat memanfaatkan kesempatan ini untuk menjelaskan bahwa apa yang mereka anggap masalah itu adalah hal normal.

"Mendengar ayam berkokok di malam hari adalah normal. Jika Anda datang ke hotel pedesaan, Anda harus menyadari bahwa ini adalah kehidupan sehari-hari desa," kata si wali kota.



Simak Video "Menikmati Lezatnya Ayam Panggang Kuliner Khas Wonogiri"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA