Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 25 Agu 2021 14:06 WIB

TRAVEL NEWS

Korsel dan China Jadi Ribut Gegara Kimchi!

Kimchi
Kimchi (Foto: istock)
Beijing -

Kimchi yang kita kenal lebih dari sekadar makanan pendamping yang pedas. Karena, sajian khas itu juga jadi subjek perang budaya antara China dan Korea Selatan.

Mengutip CNN, Rabu (25/8/2021) China saat ini memiliki nama baru bagi kimchi. Kementerian Kebudayaan Olahraga dan Pariwisata Korsel lalu merespons dengan merilis pedoman resmi tentang bahasa asing yang sesuai pada bulan Juli lalu untuk beberapa makanan Korea.

Di dalam ketentuan ini ada makanan xinqi, nama resmi kimchi dari China. Terjemahan umum lama untuk makanan tersebut adalah, pao cai (sayuran fermentasi asin). Sebutan pao cai di China akan 'dipensiunkan'.

Akar masalahnya berasal dari fakta bahwa tidak ada karakter China yang mewakili pengucapan kimchi. Akibatnya, Kementerian Pertanian dilaporkan menganggap sekitar 4.000 karakter China sebelum memutuskan Xinqi, klaim itu terdengar seperti kimchi.

Xinqi (辛奇) terdiri dari dua karakter China: Xin berarti pedas dan Qi berarti unik, atau penasaran.

Dengan nama baru, pemerintah Seoul berharap bisa memberikan perbedaan jelas antara Kimchi Korea dan sayuran acar China yang terakhir disebut pao cai (泡菜) di China.

"Dengan penggunaan kata 'Xinqi' untuk kimchi dalam Bahasa China, kementerian mengharapkan kimchi Korea dan pao cai China dibedakan dengan jelas," kata siarannya.

Pedoman baru ini diamanatkan untuk pemerintah Korea Selatan dan organisasi afiliasi. Meski demikian, penamaan itu telah memulai gelombang perdebatan panas di antara media dan netizen di kedua negara.

Kimchi dan XinqiKimchi dan Xinqi (Foto: CNN)

Apa perbedaan antara kimchi dan pao cai?

Kimchi adalah istilah kolektif untuk lebih dari 100 jenis sayuran fermentasi di Korea, tetapi paling umum mengacu pada kubis yang difermentasi dengan bumbu cabai merah, bawang putih, jahe, dan makanan laut asin.

Sayuran fermentasi dibuat dengan bahan-bahan berbeda seperti chonggak kimchi (fermentasi lobak kimchi) atau dengan jumlah rempah-rempah yang lebih rendah seperti baek kimchi (kimchi kubis putih non-pedas).

Sedang pao cai, secara harfiah berarti sayuran basah dalam Bahasa China. Itu karena acar sayuran sering dibuat dengan merendam berbagai jenis sayuran, dari kubis hingga wortel, dalam larutan garam, dengan atau tanpa bumbu. Guci sayuran kemudian difermentasi pada suhu kamar.

Karena mereka memiliki beberapa kesamaan, kimchi di China sering disebut sebagai Hanguo Pao Cai. Artinya adalah sayuran fermentasi Korea.



Simak Video "Dua Korea Saling Tembak Rudal, China Minta Keduanya Menahan Diri"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA