Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 27 Agu 2021 16:40 WIB

TRAVEL NEWS

Sempat Mau Dijual, Surat Nikah-Cerai Sukarno dan Inggit akan Disimpan Negara

Yudha Maulana
detikTravel
Foto Prof Nina Lubis dan ahli waris Inggit Garnasih di Gedung Sate
Ilustrasi (Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan kalau surat nikah dan cerai Sukarno (presiden pertama Indonesia) akan disimpan di Kantor Arsip Nasional. Sebelumnya, dua dokumen bersejarah antara Sukarno dan Inggit Garnasih itu sempat membuat heboh pada September 2020.

Pasalnya, surat nikah dan cerai Sukarno-Inggit sempat muncul sebagai barang dagangan oleh sebuah situs penjualan online. Polemik sempat terjadi, hingga akhirnya semua ahli waris Inggit baik dari keturunan anak angkatnya, Ratna Djuami atau Kartika, bersepakat untuk menyerahkan surat tersebut kepada negara.

[Gambas:Instagram]



"Sebagai komitmen Pemprov Jabar dan keluarganya, sehingga sesuai kesepakatan, maka dokumen bersejarah berupa surat nikah/pisah Ibu Inggit dengan Bung Karno tidak jadi dijual dan akan diserahkan kepada Negara. Dan akan disimpan abadi di Kantor Arsip Nasional," ujar Ridwan Kamil dalam akun media sosialnya, Jumat (27/8/2021).

Sebelumnya, salah seorang cucu angkat Inggit, Tito Asmarahadi menunggu itikad baik pemerintah untuk menyelamatkan arsip tersebut dengan memberikan kompensasi yang sesuai untuk pembangunan fasilitas umum seperti rumah sakit dan sekolah dasar. Membangun kedua infrastruktur itu dikatakan Tito merupakan cita-cita dari Inggit.

"Membangun klinik kesehatan adalah wasiat dari Ibu Inggit. Insya Allah awal 2022, bangunan klinik Inggit Garnasih di Jalan Flores, Bandung di atas lahan bersejarah ini akan bisa dimanfaatkan untuk kesehatan para lansia se-Jawa Barat," kata pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

detikTravel pernah mengunjungi rumah bersejarah Inggit Garnasih yang ada di Jalan Ibu Ingggit Ganarsih No 8, Kecamatan Astanaanyar, Minggu 2 Februari 2020 lalu bertepatan dengan acara Bulan Cinta Ibu Bangsa Inggit Garnasih ke-6.detikTravel pernah mengunjungi rumah bersejarah Inggit Garnasih yang ada di Jalan Ibu Ingggit Ganarsih No 8, Kecamatan Astanaanyar, Minggu 2 Februari 2020 lalu bertepatan dengan acara Bulan Cinta Ibu Bangsa Inggit Garnasih ke-6 (Wisma Putra/detikcom)

Bangunan Klinik Geriatri itu akan dibangun dan dikelola oleh Baznas Jabar. "Siapa memuliakan ibu kita, maka Allah akan memuliakan hidup kita," ujar Ridwan Kamil.

Saat menikah, Sukarno berusia 13 tahun lebih muda ketimbang Inggit. Waktu itu, Inggit merupakan induk semang atau ibu kos Sukarno selama di Bandung.

Setelah menikah selama 20 tahun, mereka akhirnya bercerai. Yakni, sekitar pertengahan 1943 atau dua tahun sebelum Indonesia merdeka dan Sukarno menjadi presiden RI. Dalam prosesnya, Sukarno kemudian menikah dengan Fatmawati.

Dokumen penjualan ini sempat membuat heboh jagat media sosial setelah diunggah oleh akun toko online @popstoreindo pada Rabu (23/9/2020). Namun belakangan, postingan tersebut dihapus dari akun tersebut.



Simak Video "5 Fakta Penyekapan ART di Bandung Barat Berujung Pasutri Tersangka"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA