Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 30 Agu 2021 14:50 WIB

TRAVEL NEWS

Bus Wisata Masuk DIY, Sultan: Harus Gunakan PeduliLindungi

Heri Susanto
detikTravel
Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, Senin (5/10/2020).
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Yogyakarta -

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengaku susah untuk mengurangi mobilitas warga. Termasuk wisatawan yang terpantau masuk dengan menggunakan bus wisata di beberapa tempat di DIY.

"Susah ya, saya kira tidak mudah. Masyarakat mengurangi mobilitas tidak mudah. Itu kan gambaran saja, (masyarakat) menghilangkan kejenuhan dan sebagainya," kata Sultan di Kompleks Kepatihan, Kantor Gubernur DIY, Kemantren Danurejan, Yogyakarta, Senin (30/8/2021).

Sultan mengatakan, wisatawan tersebut ia yakin mereka bukannya tidak tahu jika wisata ke DIY masih di larang. Tapi, karena sudah jenuh lama di rumah, mereka berani menabrak larangan.

"Bukannya tidak tahu larangan, hanya tidak betah di rumah, jenuh. Asal mereka tetap bisa menggunakan pedulilindungi.id tidak ada masalah.Kalau tidak disiplin ya OTG meningkat," pesan Sultan.

Ia menegaskan, Pemda DIY belum akan membuka destinasi wisata. Apalagi dengan pertimbangan saat ini kasus positif masih fluktuatif.

"Kalau sudah stabil, tidak fluktuatif begini, kita kan tidak bisa memperkirakan (kalau destinasi wisata dibuka)," kata Sultan.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo mengatakan, sampai saat ini pihaknya memang pihaknya belum membuka destinasi wisata. Saat ini, yang dilakukan Dinas Pariwisata (Dispar) DIY dengan mempercepat vaksinasi.

"Vaksinasi ini terus dilakukan terhadap pelaku pariwisata baik keluarga, lingkungan, semuanya agar benar-benar siap saat dibuka," jelasnya.

Singgih menegaskan, untuk saat ini pihaknya tengah mempersiapkan peralatan untuk scan barcode pedulilindungi.id di semua destinasi wisata maupun warung makan dan yang lainnya.

"Kami targetkan September mendatang sudah selesai semua pelaku pariwisata di DIY," katanya.



Simak Video "Melihat Persiapan Pembukaan Kembali Taman Pintar Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA