Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 01 Sep 2021 15:14 WIB

TRAVEL NEWS

Maskapai Nasional Italia Bangkrut, Ini Kisah Kebangkitan dan Kejatuhan Alitalia

Alitalia
Alitalia (Foto: CNN)

Alitalia di titik nadir

Kejadian 11 September 2001, serangan terhadap Amerika Serikat, sangat memengaruhi industri penerbangan. Efeknya bahkan merembet juga ke Alitalia dan pandemi Covid-19 lebih mematikan.

Zaman Keemasan Alitalia dimulai pada 1950-an ketika rekonstruksi pasca-Perang Dunia II memicu ledakan ekonomi di Italia. Mereka akhirnya mampu terbang ke destinasi yang sangat jauh.

Ketika era pesawat bermesin jet tiba, Olimpiade Musim Panas 1960 di Roma membantu menyebarkan ketenaran Alitalia di seluruh dunia. Perusahaan bahkan membuat poster yang menunjukkan pelempar javelin dengan pesawat terbang di atas kepalanya.

Masalah Alitalia dimulai pada 1990-an ketika deregulasi Eropa membuat lalu lintas udara lebih kompetitif dan kereta api Italia diperkuat, menurut Aerospace Expert Alegi.

Keterlambatan dan pembatalan berulang Alitalia

Situasi memburuk ketika pihak berwenang mencoba memprivatisasi Alitalia. Aksi ini memicu pencarian tak terbatas bagi mitra dan pengusaha yang bersedia mendukung negara dalam menangani tantangan pasar bebas.

Semua kemitraan gagal, sementara serikat pekerja berperang melawan rencana PHK. Dan sementara Alitalia dicintai sebagai simbol negara, maskapai itu malah dibenci oleh penumpangnya.

Krisis tanpa akhir akhirnya menyebabkan penurunan kualitas layanan. Adanya pemogokan karyawan membuat penerbangan tertunda atau dibatalkan dan penerbangan jarak jauh jadi lebih sedikit.

Menurut survei baru-baru ini, mayoritas dari mereka percaya bahwa negara harus berhenti mendanai perusahaan dengan uang pajak. Mendung nostalgia datang dirasakan oleh pensiunan pilot, kapten dan petugas bandara tentang masa lalu yang indah, ketika gaji terbilang tinggi dan pekerjaan itu membawa sebuah kebanggaan.

Rosetta Scrugli, salah satu mantan penumpang loyal Alitalia yang secara teratur terbang ke Asia untuk bekerja juga pernah mengeluh dengan layanan maskapai. Protes serikat pekerja telah membuatnya kehilangan pertemuan penting di luar negeri karena penerbangan mengalami keterlambatan bahkan sering dibatalkan.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA