Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 02 Sep 2021 18:35 WIB

TRAVEL NEWS

Pamekasan di Madura Kembali Buka Objek Wisatanya

Antara
detikTravel
Madura saat ini kembali disorot karena masyarakatnya yang tidak percaya dengan COVID-19. Padahal saat ini daerah itu masuk dalam kategori PPKM level 3.
Ilustrasi (Getty Images)
Madura -

Objek wisata di Pamekasan, Madura, Jawa Timur dinyatakan telah diperbolehkan dibuka, setelah sebelumnya sempat ditutup dalam upaya penanganan COVID-19 di wilayah itu.

Hal itu sesuai arahan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, yang memperbolehkan sejumlah lokasi wisata untuk beroperasi kembali.

"Kami sudah menyampaikan surat edaran ke masing-masing pengeloa objek wisata tentang ketentuan ini," kata Sektretaris Daerah (Sekda) Pemkab Pamekasan Totok Hartono, di Pamekasan, Sabtu (28/8) seperti dikutip detikTravel dari Antara, Kamis (2/9/2021).

Ia pun menjelaskan, alasan dibolehkannya sejumlah objek wisata untuk dibuka karena kondisi di Pamekasan sudah membaik.

Meski begitu, Totok menyampaikan, agar para pengelola objek wisata harus tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Pihak pengelola objek wisata harus menyediakan tempat cuci tangan dengan air mengalir dan juga memperhatikan kapasitas tampung tempat. Kemudian untuk pengunjung diwajibkan mengenakan masker, serta menjaga jarak fisik.

"Ketentuan sama, yakni (pengunjung) tidak boleh lebih dari 50 persen daya tampung. Pengelola juga harus menyediakan alat pendeteksi suhu tubuh, disamping tempat cuci tangan atau hand sanitizer," kata Totok.

Terkait ketentuan ini, lanjutnya, Pemkab Pamekasan telah mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada para pengelola objek wisata, dan para pengurus kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang ada di Kabupaten Pamekasan.

"Kami juga telah berkoordinasi dengan aparat keamanan agar melakukan pemantauan dan pengawasan secara langsung di sejumlah objek wisata yang ada di Pamekasan ini," ucap Totok.

Para pengelola objek wisata dan pengunjung tempat wisata yang abai pada penegakan disiplin protokol kesehatan maka akan disanksi sesuai ketentuan yang berlaku



Simak Video "6 Kabupaten/Kota di Luar Jawa-Bali Ini Masih Berstatus PPKM Level 4"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA