Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 05 Sep 2021 10:54 WIB

TRAVEL NEWS

Wisatawan Nikmati Sejuknya Kebun Teh Wates di Batas Lembang dan Subang

Whisnu Pradana
detikTravel
Kebun Teh Wates
Foto: Whisnu Pradana/detikcom
Bandung Barat -

Wisatawan dari Bandung Raya maupun luar daerah nampaknya masih belum bisa menjajal beragam objek wisata yang menjamur di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) di libur akhir pekan kali ini.

Hal itu lantaran objek wisata seperti The Great Asia Africa, Farm House, maupun Gunung Tangkuban Parahu masih belum diizinkan buka lagi di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3. Kendati restoran yang ada di dalamnya sudah bisa dikunjungi.

Tapi jangan kecewa. Masih banyak destinasi yang bisa disambangi demi melepas penat, seperti kebun teh wates yang ada di tapal batas Lembang dan Subang. Hamparan hijaunya kebun teh jadi pelarian wisatawan untuk menghabiskan akhir pekan.

Kebun teh di kawasan itu memang sudah lama jadi tujuan wisata juga. Hanya saja pamornya kalah oleh objek wisata alam lainnya lantaran tak banyak menyuguhkan sesuatu yang bisa dijajal wisatawan selain untuk berfoto saja.

Biasanya di akhir pekan kawasan kebun teh wates juga menjadi tujuan utama para pemotor yang kerap melakukan Sunday Morning Ride (Sunmori) atau Night Riding meskipun selama PPKM intensitasnya cenderung menurun.

Seperti diungkapkan Miranti Leany (25), wisatawan asal Cimahi yang tak sengaja menjelajahi hamparan kebun teh di daerah wates atau batas dua kabupaten tersebut. Lantaran pada awalnya ia berencana mengunjungi Gunung Tangkuban Parahu. Sayangnya gagal karena objek wisata itu masih tutup.

"Tadinya mau ke Tangkuban Parahu, pas masuk gapuranya ternyata kata pedagang masih tutup. Ditawarin juga ke wisata lainnya, tapi lihat di samping Tangkuban ada kebun teh, jadi penasaran juga akhirnya coba," ungkap Miranti kepada detikcom, Minggu (5/9/2021).

Saat itu ia ditawari pilihan ke kebun teh atau ke objek wisata hutan pinus oleh pedagang. Ia akhirnya memilih wisata kebun teh lantaran wisata hutan pinus sudah cukup sering dicobanya.

"Kalau yang pemandangannya kebun teh agak jarang, biasanya kan hutan pinus. Jadi ya lumayan buat penyegaran juga, daripada sudah jauh-jauh ke sini tapi enggak sempat eksplor wisata lainnya," sebut Miranti.

Wisata di Lembang sendiri tak pernah membuatnya bosan kendati datang berkali-kali. Meskipun tak banyak yang berbeda dan cenderung menyuguhkan sesuatu yang sama, namun menurutnya daya tarik utama wisata Lembang adalah suasananya yang sejuk.

"Ya memang cari wisata bernuansa alam, cocok buat refresh pikiran. Kalau ke mall atau ke wisata lainnya kan malah enggak nyaman, jadi lebih enak cari yang sejuk seperti di kebun teh ini," terang Miranti.

Apep, seorang penjaja jasa sewa kuda di TWA Gunung Tangkuban Parahu menyebut banyak wisatawan yang hendak ke Tangkuban Parahu harus menelan kecewa karena belum buka seperti wisata lainnya.

"Banyak juga yang tanya, tapi putar balik lagi karena memang masih tutup. Akhirnya pada coba ke kebun teh di sebelah, lumayan ramai. Kalau di sini (Tangkuban Parahu) ya sepi," kata Apep.

Namun berdasarkan informasi yang diterimanya dari pengelola dan pedagang lainnya, TWA Gunung Tangkuban Parahu bakal buka lagi tanggal 7 September mendatang.

"Katanya tanggal 7 buka lagi, soalnya ikut aturan ke Subang bukan ke KBB. Kalau kita pedagang yang ikut aturan aja, yang penting bisa usaha," pungkas Apep.



Simak Video "Polisi Sudah Periksa 25 Saksi Pembunuhan Ibu-Anak di Subang"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA