Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 09 Sep 2021 12:40 WIB

TRAVEL NEWS

Natuna yang Ingin Punya Bandara Baru

bonauli
detikTravel
Tanjung Senubing, di Bunguran Timur, Natuna, Kepulauan Riau, menyajikan pemandangan batuan yang indah. Yuk kita lihat.
Tanjung Senubing (Antara Foto/Muhammad Adimaja)
Jakarta -

Sebagai pulau terluar, Natuna ingin tampil sebagai wajah Indonesia. Supaya lebih mantap, Natuna ingin punya bandara baru.

Dilansir dari Antara, Wakil Bupati Natuna Rodial Huda mengatakan pemerintah pusat berencana membangun bandara untuk keperluan sipil dan militer di Pulau Laut, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

Lokasi itu merupakan pulau terluar wilayah Indonesia. Rodial menyampaikan itu berdasarkan penuturan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan kepadanya. Gubernur Kepri Ansar Ahmad juga setuju akan hal itu.

"Natuna dulu ada rencana membangun bandara sipil di Ranai Pulau Bunguran. Kemarin itu, Menko Marves mengatakan, enggak usah dibangun di situ lagi. Lebih baik bangun di Pulau Laut," kata Rodial Huda

Rodial mengatakan pemerintah daerah menyambut baik rencana pemerintah pusat itu. Alasannya karena Pulau Laut merupakan pulau terujung Indonesia, sehingga harus dilengkapi berbagai fasilitas memadai.

Selain itu, keberadaan bandara di Pulau Laut tersebut juga bisa memperkuat NKRI. Pemerintah pusat, kata dia, bakal menyiapkan kajian. Pemerintah provinsi dan kabupaten juga diminta membuat kajian pembangunan bandara di Pulau Laut.

"Pemkab, kalau dibutuhkan lahan, kajiannya ke situ," kata dia.

Selain bandara, di Pulau Laut harus dibangun kawasan terpadu untuk bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan. Dengan begitu, Indonesia seperti memiliki kapal induk yang tidak bisa ditenggelamkan.

Rodial juga berharap bandara di Pulau Laut nanti dibangun seperti pangkalan militer yang kuat di Hawaii dan Okinawa.

"Karena lokasi pulau berada di paling ujung, sehingga kita jauh lebih kuat dipandang dari sisi geopolitik dan segala macam," katanya.



Simak Video "Ketakutan Nelayan di Natuna Karena Ada Coast Guard China"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA