Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 13 Sep 2021 07:12 WIB

TRAVEL NEWS

Traveler, Pulau Neraka di Vietnam Akan Buka

Femi Diah
detikTravel
Phu Quoc island at the sunrise. Fishing village in popular travel destination in Vietnam.
Pulau Phu Quoc di Vietnam (Getty Images/iStockphoto/Chalabala)
Phu Quoc -

Vietnam berencana untuk membuka kembali Pulau Phu Quoc mulai Oktober. Syaratnya, turis sudah vaksin Covid-19 atau charter pesawat.

Dikutip dari CNN International, Senin (13/9/2021), Pulau Phu Quoc berada 10 km di lepas pantai Kamboja yang diberi predikat pulau neraka saking ngerinya penyiksaan kepada tahanan. Ya, pulau itu merupakan rumah tahanan (rutan) terbesar di Vietnam, dibangun oleh Prancis untuk menahan para tentara komunis.

Di sisi luar penjara sih, situasinya berbeda 180 derajat. Pulau Phu Quoc memiliki view pantai yang sangat menawan.

Pulau Phu Quoc bakal dibuka untuk masa percobaan enam bulan.

Baca Juga: 5 Fakta Penjara Komunis Terseram

"Pandemi yang berkepanjangan telah sangat merugikan industri pariwisata," kata Menteri Pariwisata dan Budaya Vietnam Nguyen Van Hung.

Kedatangan turis asing ke Vietnam merosot dari 18 juta orang pada 2019 menjadi 3,8 juta pada 2020. Bahkan pada 2019, pendapatan pariwisata Vietnam mencapai USD 31 miliar, atau hampir 12% dari produk domestik bruto (PDB) negara itu.

Untuk mendapatkan pendapatan dari wisata lagi, Vietnam membuka pintu Pulau Phu Quoc untuk wisatawan yang telah divaksin penuh dan memiliki hasil tes virus Corona negatif. Turis-turis dapat masuk ke pulau itu dengan pesawat charter atau komersial.

Vietnam akan memvaksinasi semua penduduk Pulau Phu Quoc sepenuhnya sebelum pulau itu dibuka.

Menurut Kementerian Pariwisata Vietnam, pulau itu tidak melaporkan adanya kasus infeksi lokal. Pulau itu juga memiliki fasilitas karantina dan perawatan Covid-19 yang memadai.

Negara tetangganya, Thailand pun telah dibuka kembali sebagian untuk turis asing, termasuk di pulau resor Phuket di mana sekitar 70% populasi diharuskan divaksin.



Simak Video "Suasana Dufan di Akhir Pekan yang Tak Seramai Biasanya..."
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT