Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 13 Sep 2021 12:12 WIB

TRAVEL NEWS

5 Produk Lokal Ini Diminati di Luar Negeri, Ada Cokelat hingga Tempe

Inkana Putri
detikTravel
rendang
Foto: shutterstock
Jakarta -

Indonesia memang kerap dikenal sebagai surganya kuliner super lezat. Menariknya, kini berbagai kuliner produksi UMKM #DiIndonesiaAja juga telah banyak yang diminati di luar negeri lho.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno pun berharap kemajuan sektor kuliner ini dapat mendorong kemajuan Indonesia, termasuk menciptakan lapangan pekerjaan.

"Kita harapkan kebangkitan khususnya di subsektor kuliner ini bisa membuka peluang kerja bagi masyarakat yang membutuhkan," ujarnya dilansir dari situs resmi Kemenparekraf.

Oleh karena itu, Sandiaga turut mengajak masyarakat untuk mendukung kemajuan produk lokal dengan #BeliKreatifLokal, serta follow Instagram @pesonaid_travel untuk mengetahui informasi tentang kuliner sekaligus wisata Indonesia. Jangan sampai ketinggalan untuk ikut PUKIS (Pesona Punya Kuis) Edisi 1 dan raih hadiah menarik. Caranya pun mudah, cukup follow akun Instagram Pesona Indonesia, like postingan PUKIS terbaru, jawab pertanyaan di kolom komentar dan mention 3 orang teman di caption.

"Saya mendukung penuh berbagai inisiatif yang dapat memajukan brand lokal untuk terus berkembang dan menguatkan satu sama lain. Dengan terus mengedepankan strategi inovasi dan kolaborasi," katanya.

Penasaran tentang kuliner Indonesia yang berhasil mendunia? Berikut kelima produk UMKM kuliner yang juga diminati di mancanegara.

1. Chocodot

Produk UMKMInstagram/chocodot.official

Pernah mencicipi perpaduan rasa dari cokelat dan dodol? Kalau belum, kamu bisa coba aneka produk dari Chocodot. Kuliner khas Garut, Jawa Barat ini menjadi brand cokelat lokal yang digemari masyarakat Indonesia.

Uniknya, Chocodot memiliki berbagai varian cokelat yang tak biasa mulai dari cokelat enteng jodoh, cokelat obat stres hingga cokelat cegah alay. Soal rasa, Chocodot memiliki 3 jenis rasa yakni, milk, soft dan dark. Keunikan rasa dan varian ini pun berhasil membawa Chocodot menembus pasar Malaysia, Singapura, hingga Australia.

2. Ladang Lima

Produk UMKMdok. Ladang Lima

Selain kuliner lezat, Indonesia ternyata juga punya kuliner sehat yang sukses mendunia. Salah satunya seperti produk aneka tepung, cookies, hingga pasta milik Ladang Lima. Terbuat dari bahan dasar singkong, seluruh produk Ladang Lima bebas gluten sehingga baik untuk dikonsumsi pengidap obesitas dan gangguan pencernaan. Meski terbuat dari singkong, produk Ladang Lima punya cita rasa lezat. Tak heran kuliner satu ini bisa merambah pasar Malaysia, Australia, hingga Amerika Serikat.

3. Rendang Uninam

Produk UMKMInstagram/rendang_uninam

Siapa yang tak tergiur dengan kelezatan rendang? Makanan yang satu ini memang jadi favorit banyak orang, termasuk masyarakat di mancanegara. Lezatnya daging sapi yang dipadukan dengan bumbu rempah khas Minang ini memang mampu menggoyang lidah. Salah satu UMKM lokal Rendang Uninam bahkan berhasil membawa cita rasa rendang hingga ke luar negeri mulai dari Malaysia hingga Prancis. Uniknya, Rendang Uninam menghadirkan olahan rendang yang awet dan tahan lama seperti rendang suwir, rendang jamur, hingga rendang teri.


4. Sambal Dowhere

Produk UMKMInstagram/sambaldowhere

Selain rendang, sambal juga jadi makanan andalan orang Indonesia. Bahkan, banyak orang yang merasa tak lengkap menyantap makanan jika tanpa sambal. Saking lezatnya, sambal khas Indonesia juga mulai terkenal di mancanegara, seperti aneka sambal milik Sambal Dowhere. Lewat olahan sambal bawang khas Indonesia, Sambal Dowhere telah melayani pengiriman ke luar negeri dan mendukung gerakan nasional Indonesia Spice Up The World.

5. Tempe Krezi

Produk UMKMInstagram/tempekrezi

Lezatnya olahan keripik tempe milik Tempe Krezi ternyata juga diminati oleh masyarakat di luar negeri, termasuk Amerika Serikat. Dari bahan dasar tempe, UMKM asal Jawa Barat ini berhasil membuat inovasi keripik tempe dengan rasa unik seperti keju, balado, hingga super pedas. Selain keripik, Tempe Krezi juga menghadirkan bubuk krezi yang cocok untuk dijadikan pelengkap makanan.

Itulah kelima produk kuliner lokal khas Indonesia yang berhasil mendunia. Yuk, dukung kemajuan produk lokal dengan #BeliKreatifLokal dari para pelaku kreatif dan UMKM di Indonesia. Adapun hal ini menjadi salah satu upaya untuk mendorong pemulihan ekonomi. Terapkan juga protokol kesehatan 6M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas, serta menghindari makan bersama.

Segera juga lakukan vaksinasi di fasilitas kesehatan atau sentra vaksinasi terdekat. Mengingat kedua hal tersebut menjadi langkah awal untuk mengatasi pandemi.



Simak Video "Momen Sandiaga Uno Dipakaikan Ikat Kepala Lambang Keagungan"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA