Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 15 Sep 2021 12:25 WIB

TRAVEL NEWS

Ma'ruf Amin : Vaksinasi Jadi Game Changer Bagi Pariwisata Indonesia

Wapres KH Maruf Amin, Blak-blakan 19 Juli 2021
Foto: Screenshoot 20detik
Jakarta -

Indonesia menjadi tuan rumah bagi global tourism forum. Wakil presiden Indonesia, Ma'ruf Amin mengatakan bahwa vaksinasi akan menjadi game changer di sektor pariwisata.

Wakil Presiden Indonesia, Ma'ruf Amin mengungkapkan apresiasi dan ungkapan terhormat bahwa Indonesia mendapat kepercayaan untuk menjadi tuan rumah Global Tourism Forum 2021. Dia mengungkapkan, pariwisata menjadi sektor yang paling terdampak dalam pandemi. Penurunan wisatawan pada tahun 2020 menjadi hal yang terberat bagi industri pariwisata global.

"Data UNWTO menunjukkan jumlah wisatawan internasional meurun 74 secara global persen akibat pandemi, dengan kehilangan potensi pendapatan mencapai Rp 1,3 T USD serta 100-120 juta pekerja pariwisata kehilangan pekerjaannya," kata Ma'ruf Amin, Rabu (15/9/2021) dalam acara Global Tourism Forum.

Wilayah Asia Pasifik mengalami penurunan paling drastis hingga 84 persen. Begitu pula dengan yang terjadi di Indonesia.

"Untuk Indonesia jumlah kunjungan wisatawan mancanegara tahun 2020 hanya mencapai 4,02 juta kunjungan atau turun 75,03 persen dibandingkan tahun 2019 sebanyak 16,11 juta kunjungan," kata Ma'ruf.

Ma'ruf menuturkan, dalam pemulihan pariwisata Indonesia tahun 2021, pemerintah memberikan prioritas pada aspek kesehatan dan keselamatan masyarakat melalui penerapan protokol kesehatan dan vaksin.

"Program vaksinasi juga diharapkan mampu menjadi basis yang kuat. Menuju pemulihan sektor pariwisata, serta menciptakan optimisme masyarakat namun tetap dengan melaksanakan prokes dengan ketat dan disiplin," tutur Ma'ruf.

Program pariwisata dilaksanakan dengan sasaran dan skala prioritas yang tepat. Untuk mencapai community pada akhir tahun 2021 sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19 ditargetkan 77 persen atau sekitar 208 juta dari penduduk Indonesia dapat divaksinasi.

"Hal ini akan menjadi game changer bagi sektor pariwisata," kata Ma'ruf.



Simak Video "Menparekraf Gandeng Kominfo Lancarkan Koneksi Internet di 20 Desa Wisata"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA