Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Sep 2021 14:04 WIB

TRAVEL NEWS

Erupsi Gunung di La Palma, Lava Hancurkan Kolam Penduduk

Putu Intan
detikTravel
Gunung Cumbre Vieja di Pulau La Palma, Spanyol meletus, Senin (20/9/2021). Gunung aktif tersebut meletus usai sepekan sebelumnya menunjukan aktifitas seismik.
Erupsi Gunung Cumbre Vieja. Foto: AP/Jonathan Rodriguez
La Palma -

Gunung di Pulau La Palma, Kepulauan Canary, Spanyol mulai meletus pada 19 September 2021. Lava gunung itu merusak ratusan rumah termasuk kolam penduduk.

Setidaknya 100 rumah hancur dan 6.000 warga terpaksa mengungsi akibat erupsi Gunung Cumbre Vieja. Ditengok detikcom dari Instagram BBC, Kamis (23/9/2021) terlihat video yang menggambarkan ganasnya terjangan lahar yang menghancurkan kolam renang.

[Gambas:Instagram]



Salah seorang warga yang berhasil diwawancarai mengatakan bahwa kondisi saat ini sangat menyedihkan. Ia melihat properti rusak begitu saja.

"Ini sulit, Anda bekerja sepanjang hidup dan semuanya menjadi asap," katanya.

"Ada lebih dari 100 rumah hancur dan penduduk tidak tahu harus kemana. Ini sangat menyeramkan terutama untuk kelompok petani, peternak, dan nelayan. Masyarakat La Palma bergantung pada itu," ujar salah seorang penduduk, Nicholas.

Sementara itu Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengecek langsung kondisi masyarakat di La Palma pada hari Minggu. Ia melihat sendiri betapa lava menghancurkan semuanya. Ia juga memerintahkan militer dan garda sipil untuk membantu penduduk.

Sanchez mengimbau agar penduduk La Palma untuk sementara tidak kembali ke rumah mereka. Ia meminta para warga di empat desa termasuk El Paso dan Los Llanos de Aridane untuk dievakuasi ke tempat penampungan.

Gunung Cumbre Vieja terakhir kali meletus 50 tahun lalu. Ketika gunung itu meletus lagi, terdengar bunyi yang sangat kuat. Warga menggambarkannya seperti ada 20 jet tempur lepas landas.

Pada Selasa malam, lembaga vulkanologi Kepulauan Canary mengatakan skala aktivitas seismik di gunung berapi itu kembali meningkat. Dilansir dari Reuters, rekaman drone menangkap magma yang meledak ke udara dan menyemburkan partikel-partikel ke sisi Gunung Cumbre Vieja.



Simak Video "Ngeri! Bak Sungai, Lahar Pijar Gunung Api Cumbre Vieja Terus Mengalir"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA