Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 25 Sep 2021 17:51 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga Siapkan Kain Tenun Gringsing Jadi Suvenir KTT G20

Femi Diah
detikTravel
Kain tenun Grongnsing, Bali
Foto: dok. Kemenparekraf
Jakarta -

Indonesia menjadi tuan rumah KTT G20 tahun depan. Menparekraf Sandiaga Uno menyiapkan kain tenun Gringsing sebagai salah satu suvenirnya.

KTT G20 2022 digeber di Bali. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) juga bersiap menyambut para tamu.

Sebagai suvenir, Kemenparekraf menyiapkan kain tenun Grongsing, salah satu produk ekonomi kreatif khas Desa Wisata Tenganan Pegringsingan, Karangasem, Bali.

Selain sebagai bentuk promosi agar Kain Tenun Gringsing semakin dikenal dunia, rencana itu diharapkan memberikan dampak ekonomi yang besar dengan terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat desa wisata Tenganan Pegringsingan. Ya, pandemi Covid-19 berimbas signifikan terhadap jumlah wisata dan mempengaruhi produksi kain tersebut.

"Desa wisata Tenganan Pegringsingan ini menerapkan konsep community based tourism, kita datang ke sini untuk menghadirkan solusi. Tadi Ibu Susi, salah satu pengrajin kain gringsing mengatakan omzetnya turun semenjak pandemi. Sekarang langsung mendapat pesanan dari Kemenparekraf sebanyak 120 kain," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam rilis kepada detikTravel, Sabtu (25/9/2021).

Kain tenun Grongnsing, BaliKain tenun Gringsing, Bali Foto: dok. Kemenparekraf

Kain tenun Gringsing adalah salah satu warisan budaya kuno Bali yang masih bertahan sampai saat ini. Kain ini dikenal dengan proses pembuatannya yang rumit sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama.

Proses tenunnya membutuhkan waktu sekitar dua bulan. Untuk motif ikat gandanya, memerlukan waktu yang lebih lama. Makanya, kain ini harga jualnya cukup tinggi.

Dalam proses pewarnaannya, kain tenun Gringsing tidak bisa memiliki warna yang pekat dan tahan lama apabila tidak diberi warna yang dihasilkan oleh minyak kemiri.

"Nantinya kain-kain yang dihasilkan masyarakat akan dijadikan souvenir bagi kontingen atau peserta G20. Diharapkan bisa membuka lapangan kerja bagi 400 orang masyarakat desa," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Halaman berikutnya >>> Diusulkan jadi Warusan Budaya Tak Benda UNESCO

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Alasan Pemerintah Pangkas Karantina Wisatawan Mancanegara Jadi 5 Hari"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA