Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 30 Sep 2021 15:26 WIB

TRAVEL NEWS

Anak-anak Bisa Terbang Sendiri di Pesawat, Namun Ada Syaratnya

Syanti Mustika
detikTravel
Ilustrasi anak buka pintu darurat pesawat Citilink
Foto: Getty Images/ArtMarie
Jakarta -

Anak-anak bisa bepergian naik pesawat tanpa didampingi orang tua. Namun ada ketentuan yang harus dipenuhi.

Bagi orang tua yang tidak bisa menemani atau bepergian dengan anaknya dengan pesawat, bisa 'menitipkan' anaknya ke pihak maskapai. Namun ada ketentuan dan dokumen yang harus dipenuhi oleh orang tua.

Dalam diskusi bersama Citilink dan Alvi Talk di live Instagram, Kamis (30/9/2021) Rebecca Dora Maros, mantan awak kabin senior menjelaskan ketentuan orangtua yang tidak mendampingi anaknya terbangnya.

"Untuk anak-anak yang dititipkan kepada Airlines, ya tentunya sudah memenuhi persyaratan. Nanti dari petugas ground diserahkan kepada pesawat, jadi dari orang tuanya sudah mengisi dokumen yang diperlukan dari orang ground, nanti diserahkan kepada awak kabin," ujarnya.

"Kita awak kabin juga harus tanda tangan form itu, satu untuk kita bawa dan satu lagi untuk di serahkan kepada pihak bandara tujuan. Di lokasi tujuan, anak ini dibawa dan kita serah terima dengan petugas ground. Nama yang membawa anak itu juga kita dan petugas ground akan membawa dia bertemu dengan keluarganya," papar Dora.

Dalam kesempatan yang sama, pihak Citilink yang diwakili oleh Captain Teguh Kristiono, Vice President Safety, Security & Quality Citilink Indonesia, membenarkan syarat tersebut. Dia juga mengatakan bahwa Citilink mengakomodir penumpang anak-anak juga.

"Citilink juga mengakomodir untuk penumpang 6-12 tahun, dan kita lakukan sesuai aturan penumpang. Jadi dokumennya diisi, diterima oleh petugas, lalu diserahkan kepada pramugari, hingga diserahkan sampai ke pihak keluarga. Yang pastinya juga kita tidak akan menempatkan penumpang di bawah umur di dekat pintu emergency. Pasti kita jauhkan dari pintu darurat," jelas Teguh.



Simak Video "Inisiatif Citilink Dorong Geliat Sport Tourism"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA