Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 30 Sep 2021 17:29 WIB

TRAVEL NEWS

Likupang hingga Mandalika Jadi Wisata Super Prioritas, Ini Istimewanya

Destinasi wisata
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Pemerintah telah menetapkan 5 destinasi wisata super prioritas atau kerap disebut 'Bali Baru'. Adapun destinasi ini tak hanya menjadi daya tarik bagi wisatawan, namun juga mendorong ekonomi kreatif #DiIndonesiaAja.

Saat ini, pemerintah juga tengah mempercepat pembangunan infrastruktur di 5 destinasi ini. Hal ini dilakukan guna mendukung program pemulihan ekonomi nasional. Mengingat pemerintah akan membuka kembali destinasi wisata untuk wisatawan mancanegara secara bertahap.

"Terkait pembukaan kembali destinasi, ini akan dilakukan secara bertahap dan menyeluruh setelah evaluasi untuk menentukan keseimbangan yang aman antara 'gas dan rem'," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Penasaran tentang keindahan apa saja yang ditawarkan 5 destinasi wisata super prioritas ini? Kamu bisa cari tahu melalui akun Instagram @pesonaid_travel. Yuk, ikuti juga PUKIS (Pesona Punya Kuis) untuk dapatkan ragam hadiah menarik. Untuk ikut kuis ini, jangan lupa follow akun Instagram Pesona Indonesia, like posting-an PUKIS terbaru, jawab pertanyaan, dan mention 3 teman kamu di kolom komentar.

Dalam rangka Hari Pariwisata, yuk cari tahu apa saja sih keistimewaan dari 5 destinasi super ini.

1. Danau Toba

Destinasi prioritas Foto: Dok. Kemenparekraf

Danau Toba merupakan danau terbesar di Asia Tenggara dan salah satu danau terdalam di dunia. Hamparan danau yang luas dikelilingi pemandangan asri sehingga sangat cocok untuk dijadikan destinasi liburan. Dengan pepohonan yang rimbun di sekitar danau, berbagai spot rasanya menjadi indah saat berada di Danau Toba. Selain melihat pemandangan indah, ada banyak kegiatan yang sebenarnya dapat dilakukan. Salah satunya dengan menjelajahi Danau Toba dengan kayak ditemani dengan angin sejuk.

Menariknya lagi, kamu juga bisa menikmati camping atau bahkan glamping di sekitar Danau Toba seperti Kaldera Nomadic Escape. Saat berkunjung ke sini, pastikan juga untuk membeli oleh-oleh khas Danau Toba, yakni Ulos dan biji kopi Arabika Mandheling Sumatera.

2. Candi Borobudur

Destinasi prioritas Foto: Dok. Kemenparekraf

Candi Borobudur menjadi salah satu ikon budaya terbesar di Asia Tenggara. Terdiri lebih dari 2.000 relief dan 504 patung Buddha, Borobudur juga dinobatkan sebagai salah satu keajaiban dunia. Saat berkunjung ke sini, pastikan kamu melihat keindahan sunset dan sunrise dengan pemandangan Candi Borobudur. Tak hanya berwisata sejarah atau religi, kamu kamu juga bisa mengunjungi pantai, gua, waduk, dan spot-spot cantik lainnya. Tak perlu khawatir dengan oleh-oleh, pasalnya ada banyak tempat untuk membeli oleh-oleh di luar kompleks candi.

3. Mandalika

Destinasi prioritas Foto: Dok. Kemenparekraf

Mandalika kerap disebut surganya Lombok karena menawarkan keindahan hamparan luas pantai berpasir putih dan jernih. Saat berkunjung ke sini, pantai menjadi salah satu destinasi yang tak boleh dilewati mulai dari Pantai Mandalika, Tanjung Aan, Kuta, Gerupuk, Serenting, dan Pantai Seger. Gulungan ombak nan indah yang bercampur sejuknya angin tentu membuat kamu betah berlama-lama di pantai-pantai Mandalika.

Menariknya lagi, Mandalika tak hanya menawarkan keindahan dari luar saja. Kamu juga bisa snorkeling dan diving melihat keindahan di dalam laut. Ingin melihat keindahan Lombok secara sempurna? Kunjungi Bukit Merese dan Pantai Batu Payung yang menawarkan panorama terbaik Lombok dari atas.

4. Labuan Bajo

Destinasi prioritas Foto: Dok. Kemenparekraf

Labuan Bajo menjadi salah satu tujuan liburan yang sempurna saat kamu menginjakkan kaki di Nusa Tenggara Timur. Pulau Komodo mungkin menjadi salah satu yang terpopuler dari Labuan Bajo. Padahal, ada banyak pulau-pulau lain yang tak kalah indah yang bisa kamu kunjungi, seperti halnya Pulau Padar. Paduan keindahan antara pantai dan perbukitan membuat kamu seakan merasakan sepotong surga di bumi. Selain Pulau Padar, kamu juga bisa mengunjungi Pulau Kelor, Gili Laba yang menawarkan pemandangan eksotis dan instagramable. Kamu pun bisa mempelajari budaya lokal di desa Wae Rebo yang eksotik, melihat hamparan sawah yang megah di Desa Cangar atau berwisata sejarah di Desa Adat Bena.

5. Likupang

Destinasi prioritas Foto: Dok. Kemenparekraf

Hanya berjarak 48 km dari Manado, Likupang memang menawarkan banyak keindahan pantai. Tak heran kawasan ini masuk ke dalam lima destinasi super prioritas traveling di Indonesia. Pantai Pulisan menawarkan keindahan hamparan pasir putih dengan air yang biru jernih. Sedangkan Pantai Paal menjadi salah satu pantai terfavorit untuk bersantai dan melepas penat. Ingin coba snorkeling? Cobalah mengunjungi Pulau Lihaga atau Pulau Gangga, yang tidak berpenghuni. Ini tentunya menjadikannya tempat terbaik untuk snorkeling dan menikmati keindahan biota laut dari dekat.

Nah, itulah beberapa keistimewaan dari 5 destinasi wisata super prioritas. Adapun kelimanya cocok untuk jadi destinasi liburan usai pandemi. Saat mengunjungi destinasi ini, pastikan kamu memilih destinasi yang telah tersertifikasi CHSE (Clean, Health, Safety, & Environment Sustainability). Pastikan juga selalu menerapkan protokol kesehatan 6M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas, serta menghindari makan bersama). Segera juga lakukan vaksinasi di fasilitas kesehatan atau sentra vaksinasi terdekat. Mengingat kedua hal tersebut menjadi langkah awal untuk mendorong pemulihan ekonomi dan menekan pandemi.

(akn/ega)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA