Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 12 Okt 2021 11:02 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Rumah Sandi Tapi Tidak Masuk LHKPN Sandiaga Uno

Momen Menteri Sandi, Beri Penghargaan ke Desa Wisata Tinalah Kulon Progo Sembari Berpantun
Foto: (Jalu Rahman Dewantara/detikcom)
Kulon Progo, DI Yogyakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno memberikan piagam penghargaan kepada Desa Wisata Tinalah di Kulon Progo, DI Yogyakarta. Ada yang menarik karena ada rumah Sandi di sana, tapi kok tidak masuk LHKPN Sandiaga?

Desa ini masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Dalam penyerahan piagam, "Mas Menteri" melontarkan pantun yang langsung disambut meriah para tamu dan masyarakat yang hadir.

"Indah bukit ilalang, mendaki terus tak sampai-sampai, Desa Wisata Tinalah kini semakin berkembang, semoga sejahtera masyarakat lekas tercapai," ujar Sandi usai penyerahan penghargaan di kawasan Desa Wisata Tinalah, Kalurahan Purwoharjo, Kapanewon Samigaluh, Kulon Progo, DIY, Senin (11/9/2021).

"Di tengah laut melihat pelangi, sungguh indah mata memandangnya, Desa Wisata Tinalah ramai dikunjungi, semoga lapangan kerja makin terbuka seluas-luasnya," ucap Sandi melanjutkan pantun keduanya.

Momen Menteri Sandi, Beri Penghargaan ke Desa Wisata Tinalah Kulon Progo Sembari BerpantunMomen Menteri Sandi, Beri Penghargaan ke Desa Wisata Tinalah Kulon Progo Sembari Berpantun Foto: (Jalu Rahman Dewantara/detikcom)

Usai berpantun Sandi kemudian memberikan sambutannya. Ia mengatakan bahwa Desa Wisata Tinalah telah ditetapkan sebagai 50 desa wisata terbaik di Indonesia. Ini merupakan prestasi yang membanggakan mengingat ada lebih dari 1.000 desa di seluruh Indonesia dan Desa Wisata ini bisa masuk 50 besar.

"Hari ini dari 1.831 desa di seluruh Indonesia, Desa Wisata Tinalah terpilih menjadi 50 desa wisata terbaik, Alhamdulillah. Dari 7 kategori penilaian, Desa Wisata Tinalah ini luar biasa, mulai dari Gua Sriti, tadi kita juga sudah ke museum atau rumah sandi, tapi saya harus klarifikasi itu bukan rumah saya dan tidak tercatat di LHKPN," kelakarnya.

"Dan ini adalah inovasi adaptasi serta peran dari seluruh masyarakat seperti yang kita bicarakan dengan tim pengelola (Desa Wisata Tinalah) saya yakin ini adalah awal kebangkitan kita untuk membuka peluang usaha masyarakat sejahtera kembali," sambung Sandi.

Sebelum menutup sambutannya, Sandi kembali lagi melontarkan pantun. "Kita harus bangga menggunakan produk dalam negeri, karena banyak produk lokal berkualitas tinggi, mari dukung Tinalah agar alamnya makin lestari, bersama pak Bupati tingkatkan kolaborasi agar sukseskan gerakan ekonomi," ujarnya yang langsung disambut tepuk tangan meriah.

Bupati Kulon Progo, Sutedjo yang hadir di lokasi mengucapkan terimakasih kepada Menteri Parekraf yang telah memberikan penghargaan kepada Desa Wisata Tinalah. Dia berharap penghargaan desa ini bisa memotivasi pengelola desa wisata ini untuk terus berkembang lebih baik lagi.

"Tentu kami berharap pengelola Desa Wisata Tinalah mampu melanjutkan kegiatan-kegiatannya untuk mendukung pembangunan kepariwisataan di Indonesia," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA