Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 16 Okt 2021 09:41 WIB

TRAVEL NEWS

Masuk 50 Desa Wisata Terbaik di Indonesia, Ini Keunggulan Sanankerto

Menparkraf Pilih Sanankerto Masuk 50 Desa Wisata
Foto: (Muhammad Aminudin/detikcom)
Jakarta -

Sanankerto masuk ke 50 besar Desa Wisata Terbaik dari ADWI 2021. Dalam hal tersebut Menparekraf Sandiaga Uno mengunjungi desa yang berada di di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang ini.

Sandiaga menyebut Desa Sanankerto merupakan destinasi wisata berbasis lingkungan dengan keberadaan Boonpring. Penetapan disampaikan Sandiaga Uno bersama tim juri Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) usai visitasi ke Desa Sanankerto, Jumat (15/10/2021), sore.

"Desa wisata Sanankerto ini masuk 50 ADWI, keunggulannya 115 spesies bambu. Ada arboretrum yang di validasi bisa menjadi terbesar di Indonesia," kata Sandiaga Uno di lokasi, Jumat petang.

Menparkraf Pilih Sanankerto Masuk 50 Desa WisataMenparkraf Pilih Sanankerto Masuk 50 Desa Wisata Foto: (Muhammad Aminudin/detikcom)

Menurut Sandiaga, keberadaan beragam spesies bambu tersebut, dapat menjadi daya tarik untuk dikembangkan. Sebagai desa wisata berbasis edukasi serta eco culturism.

"Ini akan menjadi daya tarik desa wisata berbasis edukasi, selain wisata berbasis lingkungan," terang Sandiaga.

Sandiaga juga melihat antusias tinggi masyarakat Desa Sanankerto yang ekonominya bergantung dengan pariwisata.

"Pak Bupati sudah berjanji tadi, jika nanti Sanankerto ini meningkat, bisa dibangun infrastruktur lebih baik ke depan," ucap Sandiaga.

"Saya cek infrastruktur tambahan sudah cukup tersedia dan di sinilah penilaian dari dewan juri untuk nilai desa wisata Sanankerto punya prestasi ke depan," sambungnya.

Menparkraf Pilih Sanankerto Masuk 50 Desa WisataMenparkraf Pilih Sanankerto Masuk 50 Desa Wisata Foto: (Muhammad Aminudin/detikcom)

Sementara Bupati Malang, Sanusi menuturkan, pihaknya berharap Desa Sanankerto bisa menjadi desa wisata nomor satu di Indonesia.

"Malam hari ini, Sanankerto, wisata Boonprong dinobatkan jadi 50 desa wisata besar se-Indonesia. Saya berharap bisa jadi nomor satu," pungkas Sanusi.



Simak Video "Sandiaga Ajak Masyarakat Berdayakan Konservasi Penyu Jadi Pariwisata"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA