Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 16 Okt 2021 16:13 WIB

TRAVEL NEWS

Wisata Anyer Dibuka meski Tingkat Vaksinasi Baru 15%

M Iqbal
detikTravel
Pandemi COVID-19 dan PPKM berkepanjangan berdampak pada destinasi wisata termasuk Pantai Florida Anyer. Pantai ini begitu sepi bak mati suri.
Pantai Florida Anyer (Foto: Putu Intan/detikcom)
Serang -

Tingkat vaksinasi warga kawasan wisata Pantai Anyer baru 15 persen dari total penduduk 42 ribu orang. Jumlah itu dinilai masih rendah di tengah tempat wisata yang sudah dibuka.

"Untuk cakupan vaksinasi yang telah diselenggarakan sejak bulan Februari 2021 untuk sasaranAnyer itu kurang lebih sekitar baru mencapai 15 persen dari jumlah sasaran masyarakatAnyer," kataKadinkes Kabupaten Serang, AgusSukmayadi usai gelaran vaksinasi massal Perhimpunan Dokter Spesial Penyakit Dalam (PAPDI) diAnyer Sabtu (16/10/2021).

Serbuan vaksinasi bagi warga Anyer masih terkendala minimnya tenaga kesehatan. Hanya ada satu Puskesmas di Kecamatan Anyer dengan 60 tenaga kesehatan. Jumlah itu dinilai kurang jika harus melayani 42 ribu penduduk.

"Puskesmas Anyer dengan jumlah penduduk 42 ribu kita memiliki satu Puskesmas dengan jumlah tenaga kesehatan yang kurang lebih 60. Tentunya juga kendala tenaga kesehatan itu sendiri karena seperti yang tadi saya sampaikan bukan hanya kegiatan vaksinasi tapi juga kegiatan penanganan Covid yang lainnya," kata dia.

Agus mengatakan pihaknya tengah berusaha untuk melakukan serbuan vaksinasi di Anyer agar terbentuk kekebalan komunal atau herd immunity.

Vaksinasi massal di Kecamatan AnyerVaksinasi massal di Kecamatan Anyer (Foto: M Iqbal/detikcom)

"Kita juga mendorong dari klinik yang ada di Kecamatan Anyer untuk ikut berperan serta untuk menyiapkan tenaga-tenaga vaksinator terlatih agar mereka juga ikut melaksanakan kegiatan vaksinasi bagi masyarakat sekitar wilayah Anyer," ujarnya.

Upaya keamanan wisatawan agar tidak tertular COVID-19, lanjutnya dengan menekan para wisatawan yang datang ke Anyer. Pihaknya sudah bekerja sama dengan TNI-Polri serta Satgas COVID-19 untuk melakukan penyekatan.

"Jadi kalau satu tempat wisata sudah melebihi kapasitas itu dihentikan terlebih dahulu untuk masuk ke tempat wisata itu, dan diatur untuk ke tempat wisata lainnya atau ke pantai lainnya di sekitar Anyer dan Cinangka," kata dia.

Sementara, guna mempercepat target vaksinasi, sekelompok dokter spesialis penyakit dalam menggelar vaksinasi massal di Kecamatan Anyer, vaksinasi massal sengaja dilakukan di Kecamatan Anyer lantaran tingkat vaksinasinya masih rendah.

"Kita usahakan di sini ketersediaan vaksin juga bisa kontinyu supaya masyarakat juga bisa tervaksin dengan kontinyu juga," kata Ketua PAPDI Banten, dr Edison Yantje Parulian Saragih.



Simak Video "Sepinya Pantai di Kawasan Anyer Saat PPKM Diberlakukan"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA