Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 18 Okt 2021 22:42 WIB

TRAVEL NEWS

Kebun Raya Indrokilo Boyolali Buka Lagi, tapi Sabtu-Minggu Tutup

Ragil Ajiyanto
detikTravel
Kebun Raya Indrokilo Boyolali
Foto: Kebun Raya Indrokilo (Ragil Ajiyanto/detikTravel)
Boyolali -

Kebun Raya Indrokilo Boyolali (KIRB), sudah dibuka kembali untuk menerima pengunjung. Namun kebun raya ini hanya dibuka di hari biasa, Sabtu-Minggu tutup.

Ratusan orang wisatawan langsung mengunjungi kebun raya di hari pertama pembukaan ini. "Dibuka mulai hari ini, sementara tidak full. Kita uji coba dulu," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Boyolali, Lusia Dyah Suciati, kepada detikTravel, Senin (18/10/2021).

Karena masih uji coba, pembukaan KRIB juga hanya di hari kerja saja. Yaitu hari Senin - Kamis. Sedangkan untuk akhir pekan atau hari Sabtu dan Minggu serta hari libur, KRIB juga tutup.

"Karena biasanya Sabtu - Minggu itu (pengunjung) membludak. Kita uji coba dulu sebulan. Nanti kita evaluasi. Kalau sekiranya aman secara bertahap kita naikkan. Kalau sebulan ini secara nasional atau khusus di Boyolali levelnya (PPKM) aman, bahkan meningkat PPKM level 1, bisa kita pertimbangkan untuk Sabtu-Minggu bisa dibuka," ujar Lusia.

DLH juga melakukan pembatasan pengunjung. Dalam uji coba ini per harinya dibatasi 600 pengunjung yang dibagi dalam tiga shift. Setiap shift, dibatasi 200 pengunjung.

"Kita batasi dulu per shift 200 (pengunjung). Sehari tiga shift. Shift pertama mulai jam 08.00 - 11.00 WIB, kemudian shift kedua 11.00 - 13.00 WIB dan shift ketiga pukul 13.00 - 15.30 WIB," terang Lusia.

Menurut dia, di hari pertama pembukaan ini, hingga siang hari sudah terdaftar sejumlah 101 pengunjung. Pengunjung juga difasilitasi dengan persewaan 80 sepeda onthel dengan tarif sewa yang terjangkau.

Lusia menambahkan, protokol kesehatan (Prokes) ketat tetap dijalankan. Pengunjung wajib memakai masker dan menjaga jarak. Saat masuk, pengunjung juga dicek suhu tubuhnya. Bahkan, pengunjung wajib sudah vaksin minimal satu dosis pertama.

"Aplikasi PeduliLindungi masih berproses. Jadi sementara pengunjung harus menunjukkan sertifikat vaksin. Minimal sudah divaksin satu kali atau vaksin dosis pertama. Tetap Prokes," imbuh dia.

Reservasi wajib dilakukan secara online. Pengunjung harus booking tiket lewat aplikasi Siboy. Namun demikian, pengunjung belum ditarik retribusi masuk alias masih gratis.

"Saat ini masih gratis," tandasnya.

Di KRIB saat ini terdapat 7 tema tanaman. Yaitu tema tanaman obat, paku-pakuan, konservasi, labirin, bambu, buah lokal dan tanaman kehormatan.



Simak Video "Kebun Raya Bogor Sudah Dibuka Kembali untuk Umum"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA