Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 19 Okt 2021 19:45 WIB

TRAVEL NEWS

Menengok Suasana Trans Studio Mini di Solo Usai PPKM Level 2

Ari Purnomo
detikTravel
Suasana Trans Studio Mini di Solo Usai PPKM Level 2
Foto: (Ari Purnomo/detikcom)
Sukoharjo -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberikan lampu hijau anak di bawah 12 bisa ke mal dan bermain tempat permainan.

Kebijakan ini dikeluarkan seiring dengan perkembangan COVID-19 yang terus membaik.

"Seiring dengan kondisi situasi COVID-19 yang semakin baik, ada beberapa penyesuaian aktivitas masyarakat yang mulai dapat diberlakukan pada periode PPKM ini," kata Luhut dalam konferensi pers di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (18/10/2021).

Pelonggaran ini membuat pusat wahana permainan kembali bergeliat, salah satunya seperti di Trans Studio Mini Solo. Seperti apa suasananya?

Dari pantauan detikcom di lokasi Selasa (19/10/2021) pukul 12.10 WIB terlihat sejumlah pengunjung mulai berdatangan di pusat permainan yang ada di Transmart itu. Mengingat, tempat bermain itu memang baru dibuka pukul 12.00 WIB.

Suasana Trans Studio Mini di Solo Usai PPKM Level 2Suasana Trans Studio Mini di Solo Usai PPKM Level 2 Foto: (Ari Purnomo/detikcom)

Vice Manager Studio Mini Trans Solo Yolanda mengatakan, selama PPKM level 2 ini jam operasional memang dibuka secara terbatas.

"Mulai buka pukul 12.00 WIB sampai pukul 19.00 WIB saja, ini sesuai dengan anjuran dari pemerintah," terang Yolanda kepada detikcom.

Yola begitu ia akrab disapa menambahkan, meski dibuka kembali tetapi pengelola tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan ketat. Sebelum masuk, pengunjung dilakukan screening di pintu masuk.

"Pengunjung juga diwajibkan menggunakan masker dan harus menjaga jarak," tutur dia. Kemudian, lanjut dia, untuk wahana permainan juga tidak semuanya dinyalakan. Hal ini untuk mencegah terjadinya kerumunan serta mengurangi biaya operasional .

"Seperti yang mas lihat, ini wahana permainan beberapa dimatikan agar tidak saling berdekatan dan menjaga jarak. Total ada 140an wahana permainan yang dihidupkan lebih kurang hanya separo saja," urainya.

"Untuk wahana roller coaster tidak dioperasionalkan setiap hari, hanya Sabtu dan Minggu saja. Itupun juga melihat jumlah pengunjung yang akan naik, selain itu juga hanya mulai pukul 14.30 WIB sampai 18.00 WIB saja," ucapnya.

Suasana Trans Studio Mini di Solo Usai PPKM Level 2Suasana Trans Studio Mini di Solo Usai PPKM Level 2 Foto: (Ari Purnomo/detikcom)

Yola mengatakan, ini untuk mengurangi biaya operasional karena menurunnya jumlah pengunjung. Kemudian untuk wahana lainnya seperti skyrider dan mini train dioperasionalkan tapi dengan menjaga jarak.

"Kita melihat juga wahana-wahana mana saja yang banyak diminati pengunjung, itu yang dioperasionalkan," katanya.

Suasana Trans Studio Mini di Solo Usai PPKM Level 2Suasana Trans Studio Mini di Solo Usai PPKM Level 2 Foto: (Ari Purnomo/detikcom)

Untuk jumlah pengunjung, Yola mengatakan, untuk hari biasa sekitar 200 pengunjung. Sedangkan saat weekend jumlah pengunjung bisa mencapai 500 orang.

"Kondisinya memang tidak seramai dulu sih, kalau dulu bisa sampai 3. 000 pengunjung saat weekend. Jumlah itu bisa bertambah saat long weekend," ungkapnya.

Salah satu pengunjung Oki Indah (34) mengatakan, dengan dibukanya kembali trans studio mini cukup membahagiakan. Pasalnya, selama ini dirinya cukup kesulitan untuk mencari tempat untuk berlibur bersama sang buah hati.

"Selama PPKM kan tidak ada tempat yang buka untuk anak-anak bermain, jadi ya di rumah saja. Dan sekarang sudah buka, bisa untuk bermain anak-anak," ungkapnya.



Simak Video "Aksi Para Prajurit yang Curi Perhatian di Lokasi Wisata Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA