Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 25 Okt 2021 18:34 WIB

TRAVEL NEWS

Wisata di Sleman Mulai Buka, Target PAD Rp 1,5 M Optimis Tercapai

Desa Wisata Dewi Sambi atau Sambirejo menjadi salah satu desa wisata di wilayah Yogyakarta. Lokasinya di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY.
Tebing Breksi, salah satu obwis di Sleman. Foto: Jauh Hari Wawan S
Sleman -

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman mulai membuka kembali operasional sejumlah destinasi wisata seiring dengan penurunan level PPKM. Pembukaan ini selain bisa menggerakkan ekonomi masyarakat juga diharapkan dapat mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata.

Kepala Dinas Pariwisata Sleman Suparmono mengatakan dengan dibukanya destinasi wisata, otomatis retribusi kembali diberlakukan. Saat ini seperti di Kawasan Kaliurang maupun Kaliadem telah diberlakukan tiket masuk.

Pria yang akrab disapa Pram itu mengatakan selama pandemi, PAD sektor pariwisata turun drastis.

"Pada 2019 target PAD untuk sektor pariwisata bisa ditetapkan sampai Rp 5,9 miliar. Saat ini target diturunkan jadi Rp 1,5 miliar. Turunnya drastis," kata Pram kepada wartawan, Senin (25/10/2021).

Hingga saat ini, Dispar Sleman terus berupaya mencapai target PAD itu. Sebab, dari data PAD terakhir, masih jauh dari target. Akan tetapi, Pram optimis target PAD Rp 1,5 miliar bisa tercapai karena akan ada banyak event wisata.

"Sampai September 2021, PAD pariwisata baru sekitar Rp 900 juta. Makanya, dibuka ini semoga bisa menambahi sampai akhir tahun, semoga bisa Rp 1,5 miliar, harus optimistis," tegasnya.

Sementara itu, sejauh ini objek wisata di Sleman yang telah mengantongi QR Code PeduliLindungi yang dibuka secara terbatas selama PPKM level 2 berjumlah 11 obwis.

Di Sleman wisata yang sudah uji coba operasional yakni Tebing Breksi, Ratu Boko dan Merapi Park. Kemudian wisata Kaliurang dan Kaliadem serta beberapa wisata candi juga sudah buka.

Selain itu ada studio alam Gamplong, Desa Wisata Grogol dan Agro Wisata Bhumi Merapi yang juga sudah mulai operasional terbatas.



Simak Video "Terekam CCTV! Omah PSS Sleman Dibakar OTK"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA