Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 27 Okt 2021 10:45 WIB

TRAVEL NEWS

Jumpa Hiu Paus di Pulau Namatota, Sandiaga Uno Beri Namayuga

bonauli
detikTravel
Sandiaga Uno bertemu hiu paus di Papua Barat
Foto: (dok Kemenparekraf)
Papua Barat -

Pengalaman tak terlupakan dialami Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat berkunjung ke Papua Barat. Sandiaga bertemu dengan ikan hiu paus.

Momen itu terjadi ketika Sandiaga Uno menyambangi Pulau Namatota, Kabupaten Kaimana, Papua Barat. Bersama rombongan, dirinya menumpang perahu untuk berkeliling perairan di pesisir barat Teluk Triton.

Tanpa disengaja, kapten kapal mengajaknya untuk berlabuh di salah satu bagan apung milik salah seorang nelayan. Serupa dengan bagan pada umumnya, bagan yang terbuat dari bambu itu digunakan masyarakat untuk menjaring udang dan beragam ikan kecil seperti ikan tembang dan ikan teri.

Namun tanpa disangka, melimpahnya udang dan aneka ikan laut kecil anggota suku Engraulidae itu mengundang kedatangan seekor hiu paus. Hewan bernama latin rhincodon typus itu akhirnya jinak dan sering diberi makan oleh seorang nelayan bernama Nelayanya.

"Ini hiu paus yang sangat terkenal, lagi dikasih makan ikan sarden," ungkap Sandiaga Uno, dikutip dari siaran pers Kemenparekraf.

"Dia suka makan ikan teri ya? ikan tembang?," tanya Sandiaga Uno lagi.

Sandiaga Uno bertemu hiu paus di Papua BaratSandiaga Uno bertemu hiu paus di Papua Barat Foto: (dok Kemenparekraf)

"Iya, ini makanannya pak menteri," jawab sang pemilik ikan.

Terpukau menyaksikan spesies ikan terbesar dunia yang diketahui pemakan plankton itu, Sandiaga Uno berkeinginan untuk berenang. Tetapi karena sudah berenang di patai Pulau Namatota, dirinya mengurungkan niat.

"Ini namanya siapa hiu pausnya pak?," tanya Sandiaga Uno kepada Nelayanya.

"Belum dikasih nama pak," jawab sang pemilik hiu paus.

"Belum dikasih nama ya? kalau gitu saya kasih nama Yuga. Namayuga namanya," ujar Sandiaga Uno tersenyum.

"Bagus itu pak namanya. Terima kasih," ujar sang Nelayanya.

Sesaat menyaksikan polah hiu paus serta sejumlah burung pelikan dan camar, Sandiaga Uno pun berpamitan.

Dirinya mengungkapkan kehadiran ikan hiu paus di perairan Pulau Namatota itu menjadi bukti besarnya potensi pariwisata di wilayah Indonesia Timur. Sektor ini menurutnya mampu membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat.

"Allah-Tuhan yang maha kuasa telah menganugerahkan Indonesia dengan keindahan alam, dan hiu paus ini menjadi buktinya," ujar Sandiaga Uno.

"Kearifan lokal yang terus dijaga masyarakat serta pelestarian lingkungan menjadi modal dalam pengembangan pariwisata untuk membuka peluang usaha dan lapangan kerja seluas-luasnya," ungkapnya berharap.



Simak Video "Konten Kreatif Bantu Promosi Desa Wisata, Sandiaga Benahi Jaringan Internet"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA