Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 28 Okt 2021 09:17 WIB

TRAVEL NEWS

Bukan Pakai Mesin, Potong Rumput di Jepang Andalkan Kambing

Putu Intan
detikTravel
ilustrasi kambing
Ilustrasi kambing. Foto: iStock
Tokyo -

Sebuah peternakan di Jepang menyewakan kambing untuk membantu memotong rumput. Cara ini dinilai efektif menjangkau wilayah yang sulit dijamah mesin.

Peternakan Magoroku di Kota Takeo, Prefektur Saga mulai menyewakan kambing peliharaan mereka pada April lalu. Kambing-kambing ini bertugas untuk membersihkan gulma dan semak-semak yang sulit dijangkau dengan cara memakannya.

Ide yang awalnya dianggap nyeleneh ini lama kelamaan justru begitu digemari. Dilansir dari Sora News 24, Kamis (28/10/2021) layanan ini sangat populer. Bahkan untuk menggunakan layanan ini, orang-orang harus mengantre.

Para pelanggan umumnya menyewa kambing-kambing ini untuk memakan rumput liar di area bukit dan lereng. Daerah-daerah ini memang lebih sulit dijangkau bila menggunakan mesin pemotong rumput.

Salah satu pelanggan kambing Magoroku yakni Kyushu Electric Power mengungkapkan menyewa kambing-kambing itu selama hampir lima bulan. Kambing-kambing ini diminta untuk menyingkirkan rumput liar di Pembangkit Listrik Tenzan di Kota Karatsu.

Pelanggan lainnya yaitu perusahaan kereta api JR Kyushu juga membiarkan para kambing bebas memakan rumput di dekat rel kereta api Stasiun Takeo Onsen. Juru bicara JR Kyushu berujar, kambing-kambing itu sangat baik karena bekerja dalam diam.

"Suara mengembik mereka tidak akan membuat siapapun terganggu," katanya.

"Bau kotoran kambing juga tidak terlalu menyengat. Ini adalah cara alami untuk menjaga wilayah kita bersih," dia menambahkan.

Jika traveler penasaran, biaya untuk menyewa seekor kambing dari Peternakan Magoroku adalah 100 yen (sekitar Rp 12.400) per hari. Peternakan itu menganjurkan para pelanggan untuk menyewa sepasang kambing agar kinerjanya maksimal.



Simak Video "Santap Olahan Kambing di Kedai Favorit Joko Anwar"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA