Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 07 Nov 2021 13:45 WIB

TRAVEL NEWS

Bandara Halim Perdanakusuma Ditutup, Ini Penyebabnya

Tim Detikcom
detikTravel
Penerbang domestik selain mudik dibuka kembali bagi penumpang bersyarat. Meski dibuka lagi, suasana di Bandara Halim Perdanakusuma terpantau sepi pagi ini.
Bandara Halim Perdanakusuma (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Bandara Halim Perdanakusuma sempat dikabarkan bakal ditutup dalam waktu dekat.

Bandara dikabarkan bakal menutup landasan pacunya selama sekitar 9 bulan. Ini membuat penerbangan maskapai nasional tidak bisa dilakukan untuk sementara waktu.

Soal kabar ini, Kementerian Perhubungan mengatakan penutupan bandara menjadi opsi imbas dari rencana revitalisasi bandara yang bakal dilakukan.

Namun, Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto menyatakan sampai saat ini nasib ditutup atau tidaknya bandara Halim masih dalam pembahasan. Belum ada satupun keputusan yang diambil soal penutupan bandara.

Sampai saat ini, Kemenhub tengah membahas berbagai hal yang harus dipersiapkan terkait dampak dari proses revitalisasi, tak terkecuali penutupan bandara.

"Soal penutupan masih dibahas," kata Novie kepada detikcom, Jumat (5/11/2021).

Novie menjelaskan revitalisasi bandara Halim Perdanakusuma diperkirakan akan memerlukan waktu kurang lebih setahun. Revitalisasi bandara dilakukan guna meningkatkan faktor keselamatan penerbangan.

Saat ini, pihak Novie sedang menyiapkan desain sisi kesiapan penerbangan. Mulai dari runway alias landasan pacu hingga masalah drainasenya.

"Kami sedang menyiapkan desain sisi udara seperti rekonstruksi runway dan perbaikan sistem drainase. Hal-hal tengah kami bahas dengan berbagai pihak," ujar Novie.



Simak Video "Bandara Halim Tutup Sementara, Penerbangan Dipindah Ke 5 Bandara Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA