Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 10 Nov 2021 19:26 WIB

TRAVEL NEWS

Vaksinasi, Obat Bangkitnya Pariwisata Indonesia

Petugas keamanan berjaga jalan menuju gerbang Ancol, Jakarta Utara, Kamis (31/12). PT Taman Impian Jaya Ancol memutuskan untuk menutup kawasan wisata Ancol pada saat Hari Raya Natal 25 Desember 2020. Penutupan juga kembali dilakukan pada saat Periode Tahun Baru 2021 mulai 31 Desember-1 Januari 2021.
Foto: (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Berbagai tempat wisata di Indonesia merasakan keterpurukan akibat pandemi. Namun kini, ada harapan sektor pariwisata mulai bangkit.

Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) menggelar Musyawarah Nasional ke 5. Anggota PUTRI terdiri dari objek dan daya tarik wisata alam hingga budaya di Indonesia misalnya, Taman Mini Indonesia Indah, Taman Impian Jaya Ancol, Taman Margasatwa Ragunan, Taman Wisata Candi Borobudur dan taman wisata lainnya yang tersebar di 34 provinsi.

Forum ini bertema bersatu membangun kembali pariwisata di Indonesia. Diharapkan, sektor pariwisata akan pulih kembali walau masih berada di tengah pandemi.

Sebab, pariwisata menjadi salah satu sektor yang paling terdampak terpaan COVID-19. Tak hanya di Indonesia, berbagai taman wisata dunia pun sempat ditutup dan tak mendapat pemasukan.

"Dunia pariwisata kita seakan-akan seperti mati suri, kegiatan wisata dan traveling terhenti karena kesehatan dan keselamatan dan kesehatan diri dan keluarga menjadi prioritas, sehingga pendapatan sektor pariwisata Indonesia maupun di seluruh dunia menurun, bahkan bisa sampai titik yang rendah," kata Ketua Umum DPP PUTRI, A. J Bambang Soetanto.

"Berbagai tempat wisata sepi pengunjung, sampai dengan kegiatan bisnis yang menunjangnya pun seperti transportasi, penerbangan, hotel, cafe restoran penjual souvenir dan sebagainya ikut merasakan dampak pandemi," tambahnya.

Namun kini, pariwisata mulai bangkit seiring penurunan kasus COVID-19 dan tingkat vaksinasi tinggi di Indonesia. Hal ini pun menjadi secercah harapan untuk kepulihan sektor pariwisata.

"Dengan upaya pemerintah dan semua pihak, termasuk upaya vaksinasi secara nasional telah membuat kehidupan mulai membaik dan untuk semua komponen pariwisata Indonesia bangkit kembali bersatu bersinergi dan bekerja sama serta berinovasi sehingga dunia pariwisata kita dapat pulih dan normal kembali," dia menambahkan.



Simak Video "3 Kota di Indonesia yang Banyak Dikunjungi Dalam 5 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA