Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 11 Nov 2021 13:42 WIB

TRAVEL NEWS

Kolaborasi Untidar dan Gambaran Brand Kembangkan Nepal Van Java

Eko Susanto
detikTravel
Nepal van Java julukan dari Dusun Butuh, yang berada di Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah memiliki lanskap yang menarik untuk dikunjungi. Deretan rumah berwarna-warni diketinggian 1.600 mdpl yang berada di kaki Gunung Sumbing itu hampir mirip dengan kontur yang ada di Pegunungan Himalaya, Nepal.
Desa Butuh, Nepal van Java Foto: Kemenparekraf
Magelang -

Universitas Tidar (Untidar) Magelang melakukan kerja sama dengan Gambaran Brand untuk pengembangan Nepal Van Java menjadi objek wisata berbasis smart tourism. Nantinya dengan aplikasi ini memudahkan wisatawan mendapatkan informasi yang ada di Nepal Van Java.

Destinasi wisata Nepal Van Java yang ngehits dengan latar belakang Gunung Sumbing. Lokasi ini tepatnya berada di Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Adapun penandatanganan naskah kerja sama antara Universitas Tidar yang dilakukan Rektor Untidar, Mukh Arifin dengan Direktur Utama Gambaran Brand, Arto Biantoro, Rabu (10/11).

Untidar Kerja Sama dengan Gambaran Brand Kembangkan Nepal Van JavaUntidar Kerja Sama dengan Gambaran Brand Kembangkan Nepal Van Java Foto: Dokumentasi Universitas Tidar

Rektor Untidar Mukh Arifin mengatakan, kerja sama yang dilakukan ini untuk membangun Dusun Butuh, dengan cara berbeda. Hal ini dilakukan karena saat ini sudah berbeda dengan smart tourism.

"Mari kita manfaatkan kerja sama ini dengan membangun Dusun Butuh dengan cara berbeda. Situasi masyarakat saat ini sudah berbeda, misal dengan smart tourism," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (11/11/2021).

Smart tourism ini salah satunya dapat diwujudkan dengan aplikasi yang mudah diakses para wisatawan. Aplikasi tersebut yang memberikan informasi lengkap tentang apa saja yang ada di Nepal Van Java.

"Dimana saja kamar kecil yang disediakan, tempat makan, tempat membeli oleh-oleh dan sebagainya. Ditambah pelayanan pembayaran digital yang sekarang sudah digunakan masyarakat, pastinya fasilitas ini bisa tambah menarik banyak wisatawan," ujarnya.

Sementara itu, Arto Biantoro mengatakan, pengembangan ini dilakukan selama dua tahun. Hal ini dimulai dengan penelitian terlebih dahulu untuk mengetahui permasalahan, potensi dan lainnya.

"Rencana pengembangan ini digarap dalam 2 tahun, dimulai dengan penelitian untuk mengetahui permasalahan, potensi dan dan beberapa hal penting lain," katanya.

Selain itu, Gambaran Brand juga menandatangani Perjanjian Kerja sama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Untidar. Dimana Tim dari Fisipol nantinya yang akan membantu dalam bidang penelitian. Penelitian akan dilaksanakan dalam kurun waktu 3 minggu. "Gambaran Brand merupakan sebuah perusahaan yang fokus pada pengembangan local brand. Bagaimana kami bisa membangun wirausaha dengan meningkatkan merek atau brand. Saat ini, fokus kami sedikit meluas, bukan hanya pada brand perorangan, namun juga ke Desa Wisata," ujarnya.



Simak Video "Persiapan PPKM Level 2, Magelang Gelar One Day Tour"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA