Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 18 Nov 2021 16:43 WIB

TRAVEL NEWS

Annyeonghaseyo! Kampung Korea di Bandung Kembali Buka, Tiket Gratis

Kampung Korea di Bandung
Kampung Korea di Bandung. Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom
Bandung -

Kampung Korea di Bandung kembali dibuka usai vakum selama setahun akibat pandemi COVID-19. Perubahan-perubahan kecil dilakukan untuk menyambut wisatawan yang datang ke Bandung.

Kampung Korea sendiri terletak satu komplek dengan Kiara Artha Park di Jalan Kiaracondong, Kota Bandung. Kampung Korea ini sudah beberapa tahun lalu hadir namun vakum akibat pandemi COVID-19.

"Kurang lebih hampir setahun (vakum), kita hidupkan kembali dan make over lah dari nol sampai sekarang," ucap Marketing Communication Kampung Korea Fikri Budiman di lokasi, Kamis (18/11/2021).

Pihak manajemen melakukan perubahan-perubahan di Kampung Korea ini selama vakum. Yang paling terlihat, jumlah UMKM yang ada di kampung ini lebih banyak.

Ada beberapa tenant yang dibuka di Kampung Korea ini. Beberapa tenant seperti kuliner ala negeri ginseng hingga fashion tersedia.

Kampung Korea di BandungKampung Korea di Bandung. Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom

Nuansa Korea-nya sendiri terasa kental. Dari kejauhan saja, sudah terlihat deretan bangunan seperti Korea Selatan.

Begitu masuk ke dalam, nuansa Korea lebih terasa. Bangunan hingga nuansa-nya juga terlihat bak di drama korea.

Masuk ke kampung Korea ini gratis loh. Malahan kita bisa menyewa hanbok atau baju khas orang Korea selama berada di kampung ini. Harga sewa pun beragam untuk dewasa Rp 100 ribu dan anak-anak Rp 50.000.

"Ciri khasnya sendiri sih dari bangunan kita ambience ketika pengunjung datang, kita akan memberikan bagaimana caranya mereka ada di Korea dengan adanya tempat foto yang berbau nuansa Korea dan ada tempat penyewaan baju Korea juga dan lainnya," kata Fikri.

Kampung Korea di BandungKampung Korea di Bandung. Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom

Dia mengatakan tujuan adanya kampung Korea juga bukan semata-mata hanya kultur Korea saja yang boleh hadir. Pihaknya membuka pintu bagi kultur budaya lainnya.

"Konsepnya sebenarnya sih kita tuh pelataran kampung Korea sebenarnya bergerak di bidang pariwisata kemudian kita ada food and beverage juga dan sebenarnya sih goals kita adalah menyatukan banyak budaya di sini makanya namanya kita tuh pelataran Korea culture space," kata dia.

Lebih jauh dari itu, sambung Fikri, pihaknya juga ingin memajukan UMKM-UMKM yang ada di Bandung. Bukan hanya numpang eksis di kampung Korea, pengelola juga membantu membangun UMKM agar lebih maju. Hingga kini, sudah ada 40 UMKM baik kuliner maupun fashion yang ada di kampung Korea.

"Sebenarnya, kita adalah lebih giat untuk mendukung UMKM-nya, kita fokus ke UMKM karena untuk yang sebelumnya hanya memberikan space untuk barang siapa yang mau masuk tapi tidak dibantu, kalau kita juga bantu men-developt para UMKM," tuturnya.



Simak Video "Situasi di Objek Wisata Nuansa Riung Gunung Pangalengan Sejak PPKM"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA