Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 28 Nov 2021 05:15 WIB

TRAVEL NEWS

Dunia Mulai Tutup Pintu untuk Afrika Cegah Varian Omicron, Indonesia?

Femi Diah
detikTravel
Bandara Soekarno-Hatta raih penghargaan dari dunia internasional Skytrax World Airport Awards 2021 sebagai peringkat 10 kategori Worlds Best Staff Airport 2021
Ilustrasi bandara (Getty Images/Ed Wray)
Jakarta -

Negara-negara di dunia mulai mengantisipasi penyebaran Covid-19 varian Omicron. Di antaranya bahkan menutup pintu bagi traveler dari negara-negara Afrika bagian selatan. Bagaimana dengan Indonesia?

Virus Corona varian baru B.1.1.529 atau dinamakan WHO, Omicron, muncul. Varian itu pertama kali ditemukan di Botswana, negara di Afrika bagian selatan.

Negara lain pun siaga. Inggris menjadi negara pertama yang mengumumkan untuk melarang traveler dari Afrika bagian selatan pada Kamis (25/11/2021) waktu setempat. Inggris menghentikan sementara perjalanan dari Afrika selatan dan beberapa negara tetangganya mulai Jumat (26/11).

Pemerintah Inggris khawatir varian baru Covid-19, varian Omicron, itu dapat menurunkan efektivitas vaksin.

Pada hari yang sama, Israel juga mengumumkan bahwa negaranya melarang warga untuk pergi ke Afrika selatan. Bersamaan dengan itu, Israel menutup gerbang untuk traveler dari Afrika.

Jepang juga memutuskan memperketat perbatasan negara itu dengan lima negara Afrika pada Jumat (26/11). Begitu pula Jerman, yang hanya membuka gerbang untuk repatriasi.

Sementara itu, Indonesia mengantisipasi munculnya virus Covid-19 varian Omicron itu dengan belum membuka pintu untuk penerbangan dari Afrika.

"Antisipasi kami masih sama, karena aturan WNA yang masuk ke Indonesia kan juga masih terbatas di 19 negara," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PL) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi. seperti dikutip dari CNNIndonesia.com.

WNA yang diperbolehkan masuk Indonesia di antaranya berasal dari Saudi Arabia, United Arab Emirates, Selandia Baru, Kuwait, Bahrain, Qatar, China, India, Jepang, Korea Selatan, Liechtenstein, Italia, Perancis, Portugal, Spanyol, Swedia, Polandia, Hungaria, dan Norwegia.

Nadia juga mengatakan varian yang disebut lebih ganas menular itu belum terdeteksi di Indonesia.

"Belum (ditemukan) ya, belum masuk Indonesia," kata Nadia.

Simak video 'Sederet Negara yang Batasi Perjalanan ke Afsel karena Varian Omicron':

[Gambas:Video 20detik]




Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA