Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 28 Nov 2021 16:45 WIB

TRAVEL NEWS

Nepal van Java Dipercantik dengan Guyuran 2 Ton Cat

Eko Susanto
detikTravel
Nepal van Java julukan dari Dusun Butuh, yang berada di Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah memiliki lanskap yang menarik untuk dikunjungi. Deretan rumah berwarna-warni diketinggian 1.600 mdpl yang berada di kaki Gunung Sumbing itu hampir mirip dengan kontur yang ada di Pegunungan Himalaya, Nepal.
Nepal van Java di Magelang (Foto: Kemenparekraf)
Magelang -

Keberadaan destinasi wisata Nepal van Java di Magelang, Jawa Tengah, perlu dipercantik lagi. Destinasi ini memiliki pemandangan alam Gunung Sumbing yang apik.

Nepal van Java berada di Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Perkampungan warga ini persis berada di lereng Gunung Sumbing dan belakangan ini sedang ngehits.

Pengunjung dari berbagai daerah mengunjungi Nepal van Java tersebut. Bahkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sudah beberapa kali berkunjung ke dusun itu.

Terakhir, Ganjar bersepeda menuju Nepal van Java dalam acara Tour de Borobudur pada awal November, lalu.

Ketika mengikuti ajang Borobudur Marathon, Minggu (28/11), Ganjar memberikan bantuan pada masyarakat Nepal van Java. Bantuan tersebut berupa 2 ton cat yang diterima langsung Kepala Dusun (Kadus) Butuh, Lilik Setiyawan.

Ganjar dan sumbangan dua ton cat ke Nepal van JavaGubernur Ganjar dan sumbangan dua ton cat ke Nepal van Java (Foto: Eko Susanto/detikcom)


"Itu ide dari teman-teman yang kemarin membicarakan bahwa rasa-rasanya banyak destinasi wisata bagus. Tiba-tiba, kita bicara soal Nepal van Java karena kemarin kita ada Tour de Borobudur juga kan sampai kesana (Nepal van Java)," kata Ganjar kepada wartawan usai mengikuti Borobudur Marathon 2021 di Taman Lumbini Candi Borobudur, Minggu (28/11/2021).

"Nah pada saat itu (Tour de Borobudur), banyak yang melihat rasa-rasanya mesti di-make up. Rasa-rasanya mesti di-make up, lha tiba-tiba tadi malam ngomong yuk kita bantu cat," imbuh dia.

"Maka terus dikirim, tadi malam ngomongnya masih 1,5 ton ternyata ini putusan dua ton. Maka langsung ditelepon dateng, jam 7 kita serahkan," kata Ganjar.

Ganjar berpesan, agar pengelolaan Nepal van Java dilakukan dengan baik, profesional. Juga, masyarakat sebagai penyelenggara pariwisata harus bersifat ramah.

"Saya titip saja agar dikelolanya dengan baik, profesional, terus kemudian ya sebagai penyelenggara pariwisata yang ramah. Lingkungannya bersih dan sebagainya, ya kita butuh perbaikan beberapa infrastruktur disana," tuturnya.

Sementara itu, Kadus Butuh, Lilik Setiyawan mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan. Menurutnya, bantuan itu merupakan bentuk perhatian dari Ganjar Pranowo untuk membuat Nepal van Java lebih cantik lagi.

"Tapi tadi Pak Ganjar juga berpesan, tidak hanya fisiknya saja yang diperbaiki, tapi peningkatan pendukung lainnya. Termasuk pelayanan, keramahan, kebersihan dan lainnya agar wisatawan semakin nyaman," katanya.

Bantuan dua ton cat, kata Lilik, akan digunakan untuk mempercantik Nepal van Java. Sebab, selama ini masih banyak rumah warga yang belum dicat.

"Karena secara jumlah, dusun kami itu luas dan rumah warga banyak. Jadi selama ini ada yang belum kebagian semua. Insya Allah dengan bantuan ini, seluruh rumah warga di sana bisa dicat agar semakin cantik," tuturnya.



Simak Video "3,5 Jam Timsus Polri Periksa Rumah Ferdy Sambo di Magelang"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA