Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 01 Des 2021 07:12 WIB

TRAVEL NEWS

Gubernur: Kaltim Provinsi Paling Setia di Republik Ini

Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor
Gubernur Kaltim Isran Noor Foto: Screenshoot 20detik
Samarinda -

Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor mengklaim daerahnya sebagai provinsi yang paling setia di Republik Indonesia ini. Apa alasan gubernur mengklaim hal seperti itu?

"Kenapa paling setia? Sejak mulai merdeka, Kaltim penghasil devisa negara melalui minyaknya yang terbesar, tahun 1971 sebagai penghasil kayu terbaik terbesar di republik ini sampai menghasilkan monumen pembangunan Gedung Manggala Wanabakti yang terbaik dari sisi interior sampai sekarang itu sumbangan pengusaha kayu Kaltim saja," ujar Isran saat memberikan sambutan di acara penetapan 21 Kabupaten/Kota sebagai kota kreatif di Samarinda, Kalimantan Timur seperti dilihat di akun YouTube Kemenparekraf, Selasa (30/11/2021).

Selain sumbangan dari sumber daya alam kayu dan minyak tadi, batubara yang dihasilkan dari perut Kaltim juga menjadi penyumbang devisa terbesar buat Indonesia.

"Batubara dari tahun 96 sampai sekarang terbesar di Indonesia, 60 persen dihasilkan di Kaltim terbanyak," ujarnya.

"Kita tetap patuh taat dan setia dan tidak pernah Kaltim ingin merdeka dengan sumber daya alam yang dimilikinya, apalagi cerita-cerita, nggak pernah," ujarnya.

Tapi jika Kalimantan Timur tidak puas dengan kebijakan pemerintah pusat, provinsinya selalu 'memprotes' dengan halus secara konstitusional kepada pemerintah pusat.

"Tahun 2010 gubernur pernah mengusulkan Kaltim sebagai Kawasan Ekonomi Khusus, itu ditolak gagal, diterima dengan lapang dada. Tahun 2012 Kaltim melakukan judicial terhadap dana DBH UU 33 (Undang-undang tentang perimbangan keuangan pusat-daerah), juga ditolak kita terima dengan lapang dada, jadi artinya menurut saya dalam tanda petik kaltim adalah provinsi paling setia, menurut saya, menurut kalian terserah, hehe," ujarnya.



Simak Video "Jembatan Kutai, Kemegahan Gemerlap Lampu Jembatan Ikonik, Kalimantan"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA