Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 03 Des 2021 14:40 WIB

TRAVEL NEWS

Bendera Prancis Berubah, Ada yang Sadar Enggak Nih?

bonauli
detikTravel
bendera Prancis
Ilustrasi bendera Prancis (Internet)
Paris -

Warna bendera Prancis sedikit berbeda. Masih dengan warna merah, putih dan biru, apa yang berubah ya?

Dilansir dari Travel+Leisure bendera Prancis mengalami sedikit perubahan sejak 13 Juli 2020. Yang berubah adalah warna biru pada bendera. Kini warna biru pada bendera terlihat lebih gelap.

Warna biru tua merupakan warna asli bendera Prancis. Namun pada tahun 1976, Presiden Prancis, Valery Giscard d'Estaing memutuskan untuk mengubahnya menjadi lebih terang. Alasannya agar sesuai dengan bendera Uni Eropa.

Menurut catatan sejarah, Prancis sudah menggunakan warna biru tua sejak abad ke-18. Jadi bisa dibilang Prancis seperti kembali pada masa lalunya.

Ide untuk menggunakan kembali warna asli ini datang dari Direktur Operasional Istana Elysee, Arnaud Jolens. Dalam buku yang baru dirilis dengan judul 'Elysee Confidential', Arnaud Jolens menceritakan tentang ide ini dengan sang presiden.

"Ngomong-ngomong, aku akan mengganti bendera di semua gedung kepresidenan besok. Giscard telah mengubah warna biru ini untuk alasan estetika selama pemulihan hubungan dengan Eropa, tetapi bendera yang diseret oleh semua presiden sejak saat itu bukanlah bendera Prancis yang sebenarnya," ucap Emmanuel Macron yang tertulis dalam buku tersebut.

Dari percakapan tersebutlah, akhirnya bendera Prancis kembali ke warna semula. Warga Prancis sendiri baru ngeh ketika salah satu stasiun radio Europe 1 melporkan hal tersebut.

Dilansir The Guardian, pihak kantor kepresidenan menjelaskan bahwa perubahan itu dimaksudkan sebagai penghormatan kepada mereka yang berjuang dalam Revolusi Prancis, Perang Dunia I, dan Perang Dunia II. Tapi tak sedikit juga yang berasumsi kalau sang presiden ingin menjauhkan diri dari Uni Eropa.



Simak Video "Ukraina Resmi Jadi Kandidat Uni Eropa, Zelenskyy Sambut Gembira "
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA