Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 06 Des 2021 18:05 WIB

TRAVEL NEWS

Gunung Semeru Erupsi, Sandiaga Ungkapkan Rasa Prihatin

Desa Wisata Nglanggeran, Daerah Istimewa Yogyakarta, terpilih sebagai Best Tourism Village 2021 dari Organisasi Pariwisata Dunia di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO).
Foto: Kemenparekraf
Jakarta -

Gunung Semeru mengalami erupsi pada Sabtu lalu. Menparekraf Sandiaga Uno mengungkapkan keprihatinan atas bencana tersebut.

Erupsi Gunung Semeru yang berdampak bagi Kabupaten Lumajang dan Malang memberikan luka bagi bangsa Indonesia. Sandiaga mengajak masyarakat untuk berdoa dan mengulurkan tangan untuk pemulihan khususnya di sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang terdampak.

"Saya ingin menyampaikan keprihatinan mendalam atas bencana erupsi gunung Semeru yang terjadi hari Sabtu yang lalu dan terus kita pantau hari Minggu dan hari ini," kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing, Senin (6/12/2021).

"Saya mengajak kita semua untuk sama-sama berdoa bagi saudara-saudara kita agar selalu dalam lindungan Tuhan yang maha kuasa ,serta mari kita bergandengan tangan untuk membantu percepatan pemulihan khususnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak akibat Gunung Semeru termasuk juga kita bahu-membahu jika memungkinkan memberikan pertolongan dan uluran tangan," tambahnya.

Sandiaga juga memaparkan data terkait korban jiwa dalam erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang dan Malang. Korban bencana yang meninggal dunia tercatat mencapai 14 orang.

"Sebagai tambahan info data yang kami terima karena ini masih terus berubah datanya tapi kami sudah terhubung dengan pemerintah Kabupaten Lumajang dan kabupaten Malang korban jiwa dalam 14 yang meninggal yang teridentifikasi ada 69 yang luka-luka," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Sandiaga mengucapan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang turun dan turut serta membantu penanganan bencana. Doa terbaik juga dihaturkan kepada rekan-rekan di BNPB, BPBD, TNI, Polri, Pemprov, Pemkab serta Kementerian/Lembaga lain yang telah menerjunkan tim reaksi cepat.

"Kami sendiri segera menginstruksikan Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Krisis Bapak Henky Manurung untuk mengidentifikasi sarana prasarana dan bantuan apa yang bisa kita berikan kepada saudara-saudara kita kebijakan manajemen pariwisata dan ekonomi kreatif selain membantu penanganan baik dari segi medis maupun dari segi bantuan yang dibutuhkan juga melakukan koordinasi dan kolaboraksi dengan berbagai lembaga," ungkap Sandiaga.

Sandiaga berharap, bencana erupsi ini tidak memutuskan tali silaturrahim dan semangat masyarakat Indonesia. Namun justru memperkuat silaturahmi, memperkuat kerja sama dan gotong royong kita.

"Semoga bencana ini bisa segera tertangani dengan baik dan kita kembali pulih dan bangkit," tambah Sandiaga.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Aksinya Ditegur Sandiaga Uno, Apa Kata Aliansi Labuan Bajo?"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA