Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 17 Des 2021 07:10 WIB

TRAVEL NEWS

Denda Rp 50 Juta Menanti Maskapai yang Bawa Penumpang Belum Divaksin

Accra, Ghana
Accra, Ghana (Foto: iStock)
Accra -

Ghana akan mendenda maskapai jika mereka membawa penumpang yang tidak divaksinasi ke negara itu. Tak tanggung-tanggung, maskapai bisa dikenai denda hingga Rp 50 juta per penumpang.

Dikutip detikTravel dari CNN, Jumat (17/12/2021), operator bandara internasional utama Ghana akan mendenda maskapai penerbangan sebesar USD 3.500 untuk setiap penumpang yang mereka terbangkan yang tidak divaksinasi Covid-19 atau yang dites positif terkena virus corona pada saat kedatangan mulai 13 Desember.

Aturan tersebut mulai berlaku pada hari Selasa di Bandara Internasional Kotoka di ibu kota Accra. Ini mengikuti aturan dari kementerian kesehatan yang mewajibkan semua orang masuk Ghana untuk divaksinasi.

Langkah-langkah tersebut salah satu yang paling ketat di Afrika, di mana distribusi vaksin masih terkendala oleh kurangnya pasokan dan masalah logistik. Bahkan ini ketika varian Omicron menimbulkan kekhawatiran tentang penularan virus yang lebih cepat.

Pengetatan pembatasan di Ghana terjadi ketika Bank Investasi Eropa (EIB) mengumumkan pinjaman investasi 75 juta euro untuk menangani pandemi. Jumlah itu adalah yang terbesar dalam program COVID-19 di Afrika sub-Sahara.

Accra, GhanaKota Accra, Ghana (Foto: iStock)

"Ghana telah mengambil langkah signifikan untuk mengelola dampak Covid dan membuka investasi jangka panjang," kata Presiden EIB Werner Hoyer dalam sebuah pernyataan.

Pihak berwenang meluncurkan program vaksinasi besar-besaran bulan ini menjelang penegakan mandat vaksin pada 22 Januari untuk kelompok sasaran, termasuk pegawai pemerintah, petugas kesehatan, dan pelajar.

Ghana berencana untuk merekrut lebih banyak tenaga kesehatan untuk dapat menggandakan inokulasi harian dari sekitar 140.000.

Ghana, salah satu ekonomi terbesar Afrika Barat yang menjalankan ekspor kakao, emas dan minyak. Sejauh ini Ghana telah memvaksinasi lebih dari 5% dari populasi 30 juta, data ini dikumpulkan oleh Reuters.

Layanan kesehatannya telah mencatat 131.412 infeksi dan 1.239 kematian akibat COVID-19. Selama dua minggu terakhir, kasus Covid-19 yang tercatat di Bandara Kotoka menyumbang sekitar 60% dari total infeksi di negara itu.



Simak Video "Booster di 5 Negara Ini Tinggi tapi Kasus Covid Naik, Satgas: Kita Harus Belajar"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA